Pengaruh Current Ratio (CR) Debt to Asset Ratio (DAR) dan Net Profit Margin (NPM) terhadap harga saham : Studi kasus pada perusahaan sub sektor tekstil dan garmen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2018

Fitriana, Elsa (2020) Pengaruh Current Ratio (CR) Debt to Asset Ratio (DAR) dan Net Profit Margin (NPM) terhadap harga saham : Studi kasus pada perusahaan sub sektor tekstil dan garmen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2018. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (731kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (629kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (911kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB) | Request a copy

Abstract

Sub sektor tekstil dan garmen merupakan industri strategis bagi perekonomian Indonesia dan sektor manufaktur terbesar ketiga serta paling banyak menyerap tenaga kerja. Perusahaan-perusahaan tersebut harusnya menjadi target investasi dari para investor. Namun pada kenyataannya minat investor akan saham yang bersangkutan terkadang rendah sehingga mengakibatkan fluktuasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Current Ratio (CR) terhadap harga saham, Debt to Asset Ratio (DAR) terhadap harga saham dan Net Profit Margin (NPM) terhadap harga saham pada perusahaan sub sektor tekstil dan garmen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2014-2018. Untuk menjawab pertanyaan di atas peneliti menggunakan metode deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 10 perusahaan. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder. Teknik pengolahan data menggunakan analisis regresi data panel dan pengujian hipotesis menggunakan uji parsial (uji t), uji simultan (uji f) dan uji determinasi (uji R2) dengan menggunakan Eviews 10. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) secara parsial CR tidak berpengaruh terhadap harga saham, (2) secara parsial DAR tidak berpengaruh terhadap harga saham. (3) NPM secara parsial berpengaruh positif dan sangat signifikan terhadap harga saham, hal ini terlihat pada nilai t- hitung > t-tabel (3.096404 ≥ 2.01290) dengan tingkat signifikansi 0.0033< 0,05. Dan (4) berdasarkan uji simultan atau uji F dalam penelitian ini menunjukan bahwa fhitung ≥ ftabel (3.260302 ≥ 2.81) dengan tingkat signifikan yang dilihat dari nilai p-value lebih kecil dari alpha atau 0.029796 < 0.05, maka secara simultan CR, DAR dan NPM berpengaruh signifikan terhadap harga saham dan mempunyai pengaruh sebesar 12,2% sedangkan sisanya 87,8% dipengaruhi oleh variabel lain diluar variabel yang digunakan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Current Ratio; Debt to Assets Ratio; Net Profit Margin; Harga Saham;
Subjects: General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Elsa Fitriana
Date Deposited: 23 Sep 2020 06:13
Last Modified: 23 Sep 2020 06:13
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/33713

Actions (login required)

View Item View Item