Perkembangan keberagaman anak usia sekolah dasar : Studi terhadap siswa Madrasah Diniyah Takmiliyah Nurul Iman kelas 5 dan 6 Desa Cimekar Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung tahun 2018

Yudistira, Muhammad Cepi (2020) Perkembangan keberagaman anak usia sekolah dasar : Studi terhadap siswa Madrasah Diniyah Takmiliyah Nurul Iman kelas 5 dan 6 Desa Cimekar Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung tahun 2018. Diploma thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (342kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
4_bab1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (727kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (36kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB) | Request a copy

Abstract

Madrasah Diniyah Takmiliyah Nurul Iman adalah salah satu lembaga yang bergerak dibidang keagamaan. Yakni bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai keagamaan kepada anak-anak baik usia prasekolah maupun usia pasca sekolah. Terlebih mengingat kebanyakan orang tua di daerah cimekar tempat penulis melakukan penelitian, ayah dan ibu sama-sama sibuk bekerja untuk memenuhi kebetuhan hidup mereka. Oleh karena itu banyak anak-anak yang kurang mendapat perhatian dalam hal masalah keagamaan. Selanjutnya penelitian ini berusaha lebih jauh mencermati Madrasah Diniyah Takmiliyah Nurul Iman dalam memberikan pemahaman, pengalaman serta pengamalan agama terhadap pribadi seorang anak. Selain itu, Madrasah Diniyah Takmiliyah Nurul Iman juga mengajarkan anak baca tulis, serta memberikan pelajaran mengenai kehidupan sosial bagi anak. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang menjadikan DTA di kampung Batukembar 05/07 sebagai objek penelitian. Yang bertujuan untuk mendapatkan data kualitatif tentang peran DTA terhadap perkembangan keberagamaan anak. Pengumpulan data ini dilakukan dengan studi dokumen, observasi interview serta quesioner. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa MDT Nurul Iman juga memiliki peran yang sangat penting dalam perkembangan keberagamaan pada seorang anak. MDT menjadi agen kedua yang mensosialisasikan nilai-nilai keagamaan pada anak. Karena MDT tidak hanya sebagai lembaga yang mengajarkan pengetahuan agama dan melatih keterampilan anak dalam melaksanakan ibadah melainkan sebagai suatu lembaga yang memiliki tujuan untuk membentuk kepribadian anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Keberagamaan; Madrasah; Diniyah
Subjects: Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi, Studi Agama Agama
Depositing User: Muhamad cepi yudistira
Date Deposited: 24 Sep 2020 07:18
Last Modified: 24 Sep 2020 07:18
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/33742

Actions (login required)

View Item View Item