Profesionalisme juru kamera berita televisi: Studi fenomenologi profesionalisme juru kamera berita TVRI Jakarta dalam meliput peristiwa berbahaya

Pratomo, Gagas Yoga (2020) Profesionalisme juru kamera berita televisi: Studi fenomenologi profesionalisme juru kamera berita TVRI Jakarta dalam meliput peristiwa berbahaya. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (485kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (680kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB) | Request a copy

Abstract

Profesionalisme juru kamera dalam melakukan peliputan suatu peristiwa akan menghasilkan hasil rekaman gambar yang bagus dan sesuai dengan aturan yang ada. Ketika juru kamera melakukan suatu peliputan khususnya peliputan peristiwa berbahaya tidak menutup kemungkinan juru kamera akan menjadi korban. Contoh, ketika melakukan peliputan kerusuhan ataupun demonstrasi yang ricuh, juru kamera bisa saja medapatkan kekerasan secara verbal maupun non verbal dari berbagai pihak. Itulah yang melatar belakangi penelitian ini. Juru kamera TVRI Jakarta dipilih sebagai informan sebab TVRI merupakan satu-satunya stasiun televisi milik negara dan akan sangat menarik membahas profesionalisme juru kameranya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui teknis ketika juru kamera meliput peristiwa berbahaya mulai dari tahapan peliputan, teknik kamera yang digunakan, peralatan yang digunkan hingga bagaimana juru kamera mengantisipasi risiko yang bisa terjadi kapan saja ketika meliput peristiwa berbahaya. Penelitian ini berpijak kepada teori fenomenologi milik Alfred Schutz serta konsep profesionalisme milik Alex Sobur dan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun penelitian ini menggunakan metode fenomenologi dan paradigma interpretif. Pemilihan fenomenologi sebagai metode sebab penelitian ini membahas mengenai pengalaman seseorang yang mengalami suatu peristiwa secara langsung dan dengan kesadarannya. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan observasi dan wawancara mendalam kepada informan yang sudah ditentukan. Dari hasil penelitian ini diperoleh simpulan bahwa juru kamera berita TVRI Jakarta dalam melaksanakan tugasnya terkhusus dalam meliput peristiwa berbahaya telah dilakukan dengan profesional hal itu setidaknya dilihat dari juru kamera TVRI Jakarta yang memahami dan menguasai seluruh aspek teknis sebagai seorang juru kamera mulai dari memahami tahapan alur dan pola suatu peliputan hingga keahlian-keahliannya mengenai kamera seperti teknik kamera dan komponen-komponen kamera. Selain itu juru kamera TVRI Jakarta juga sudah taat dengan regulasi dan standar yang ada.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Profesionalisme; Juru Kamera; Televisi; Peristiwa Berbahaya
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Journalism and Newspapers in England
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Gagas Yoga Pratomo
Date Deposited: 24 Sep 2020 04:07
Last Modified: 24 Sep 2020 04:07
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/33762

Actions (login required)

View Item View Item