Pengaruh perputaran kas dan perputaran persediaan terhadap Return On Assets (ROA) studi pada PT. United Tractors Tbk periode 2009-2018

Dewi, Yessi Puspita (2020) Pengaruh perputaran kas dan perputaran persediaan terhadap Return On Assets (ROA) studi pada PT. United Tractors Tbk periode 2009-2018. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (749kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (789kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (711kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB) | Request a copy

Abstract

Perputaran kas dan perputaran persediaan merupakan bagian dari aktiva lancar yang paling tinggi tingkat liquiditasnya. Dengan perputaran kas dapat mengetahui seberapa cepat tingkat pengembalian terhadap dana yang telah dikeluarkan untuk memperoleh keuntungan sedangkan perputaran persediaan menunjukan seberapa sering terjadi pembelian dan berapa kali barang persediaan diganti dalam satu tahun. Sehingga perputaran kas dan perputaran persediaan akan berpengaruh terhadap profitabilitas suatu perusahaan khususnya Return On Assets (ROA). Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh perputaran kas dan perputaran persediaan secara parsial maupun secara simultan terhadap Return On Assets (ROA) yang dilakukan pada PT.United Tractors Tbk dengan periode waktu sepuluh tahun yaitu dari tahun 2009-2018. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah perputaran kas dan perputaran persediaan. Dimana apabila tingkat perputarannya tinggi maka semakin efisiennya penggunaan kas dan perusahaan bekerja dengan efektif dan tidak banyaknya penimbunan persediaan. Sehingga hal tersebut akan berpengaruh terhadap tingkat profitabilitas suatu perusahaan khususnya Return On Assets (ROA). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan data sekunder laporan keuangan. Adapun teknik yang digunakan yaitu teknik uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, dan uji hipotesis yang terdiri dari pengujian secara parsial (uji T), pengujian secara simultan (uji F), dan koefisien Determinasi (R2). Dari hasil penelitian yang dilakukan menggunakan pengujian hipotesis secara parsial (uji t) diperoleh hasil bahwa perputaran kas berpengaruh positif terhadap Return On Assets (ROA). Untuk hasil penelitian perputaran persediaan tidak berpengaruh positif terhadap Return On Assets (ROA). Kemudian pengujian secara simultan perputaran kas dan perputaran persediaan berpengaruh terhadap Return On Assets (ROA). Nilai dari koefisien determinasi diperoleh sebesar 0,621, yang berarti bahwa pengaruh antara variabel perputaran kas dan perputaran persediaan terhadap Return On Assets (ROA) sebesar 62,1%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Perputaran Kas; Perputaran Persediaan; Return On Assets (ROA)
Subjects: General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Yessi Puspita Dewi
Date Deposited: 25 Sep 2020 01:08
Last Modified: 25 Sep 2020 01:08
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/33785

Actions (login required)

View Item View Item