Pengaruh Debt To Equity Ratio (DER) dan Earning Per Share (EPS) terhadap Dividend Payout Ratio (DPR) pada perusahaan sektor industri barang dan konsumsi yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi di PT. Mandom Indonesia Tbk. Periode 2009-2018.

Santika, Nova Bela (2020) Pengaruh Debt To Equity Ratio (DER) dan Earning Per Share (EPS) terhadap Dividend Payout Ratio (DPR) pada perusahaan sektor industri barang dan konsumsi yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi di PT. Mandom Indonesia Tbk. Periode 2009-2018. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (284kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (652kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (562kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (854kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mengenai Pengaruh Debt to Equity Ratio (DER) dan Earning Per Share (EPS) terhadap Dividend Payout Ratio (DPR) pada PT. Mandom Indonesia Tbk. Periode 2009-2018. Debt to Equity Ratio (DER) merupakan rasio solvabilitas yang menggambarkan kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajiban jangka panjang. Sedangkan Earning Per Share (EPS) merupakan rasio nilai pasar yang menggambarkan suatu perusahaan menandakan laba bersih yang siap dibagikan bagi semua pemegang saham. Dan Dividend Payout Ratio (DPR) merupakan rasio penilaian pasar yang menggambarkan persentase laba perusahaan yang dibayarkan kepada pemegang saham biasa perusahaan berupa dividen kas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) seberapa besar pengaruh Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Dividend Payout Ratio (DPR) secara parsial, (2) seberapa besar pengaruh Earning Per Share (EPS) terhadap Dividend Payout Ratio (DPR) secara parsial, dan (3) seberapa besar pengaruh Debt to Equity Ratio (DER) dan Earning Per Share (EPS) terhadap Dividend Payout Ratio (DPR) secara simultan pada PT. Mandom Indonesia Tbk. Periode 2009-2018. Kerangka pemikiran menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara Debt to Equity Ratio (DER) dan Earning Per Share (EPS) terhadap Dividend Payout Ratio (DPR), dan ada juga faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini yang dapat mempengaruhi Dividend Payout Ratio (DPR). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari laporan tahunan PT. Mandom Indonesia Tbk. periode 2009-2018. Teknis analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear (sederhana dan berganda), korelasi pearson product moment (sederhana dan berganda), koefisien determinasi, dan uji signifikansi (uji t dan uji f). Hasil penelitian menunjukkan secara parsial Debt to Equity Ratio (DER) tidak berpengaruh signifikan terhadap Dividend Payout Ratio (DPR) sebesar 4,8% dengan nilai thitung < ttabel yaitu -0,632 < 2,306. Secara parsial Earning Per Share (EPS) tidak berpengaruh signifikan terhadap Dividend Payout Ratio (DPR) sebesar 97,6% dengan nilai thitung < ttabel yaitu -18,062 < 2,306. Sedangkan secara simultan Debt to Equity Ratio (DER) dan Earning Per Share (EPS) berpengaruh signifikan terhadap Dividend Payout Ratio (DPR) sebesar 98,5% dengan nilai nilai fhitung > ftabel yaitu 232,747 > 4,74.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Debt to Equity Ratio (DER); Earning Per Share (EPS); dan Dividend Payout Ratio (DPR).
Subjects: Accounting > Financial Reporting
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Accounting > Private Accounting
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: nova bela santika
Date Deposited: 25 Sep 2020 04:06
Last Modified: 25 Sep 2020 04:06
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/33803

Actions (login required)

View Item View Item