Fungsi radio terhadap pengembangan dakwah di pondok pesantren: Studi deskriptif di radio Bahik FM Pondok Pesantren Baitul Hikmah Haurkuning

Matin, Dita Destriana (2020) Fungsi radio terhadap pengembangan dakwah di pondok pesantren: Studi deskriptif di radio Bahik FM Pondok Pesantren Baitul Hikmah Haurkuning. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (221kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (593kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy

Abstract

Berawal dari latar belakang hadirnya kemajuan teknologi baru khususnya dunia komunikasi berupa penyiaran pertumbuhannya semakin berkembang maju. Hal ini tidak terlepas dari fungsi alat komunikasi sebagai media informasi penyiaran, yang digunakan menyampaikan sesuatu kepada khalayak umum. Karena hal ini akan berpengaruh terhadap kemajuan suatu lembaga organisasi tersebut, dengan di adakannya siaran radio Bahik FM ini, sarana dakwah pondok pesantren menjadi semakin meluas sehingga dapat di dengarkan oleh khalayak masyarakat banyak, disamping itu siaran radio Bahik FM juga menjadi sarana ajang promosi pondok pesantren agar dapat dikenal secara luas oleh masyarakat. Berkaitan dengan pokok permasalahan yg ada, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahuifungsi radio FM Bahik sebagai sarana pengembangan dakwah dalam bentuk Pedidikan, bentuk Penerangan, dan bentuk Propaganda di Pondok Pesantren Baitul Hikmah Haurkuning, metode kualitatif deskriptif yaitu prosedur penelitian untuk menghasilkan data dan diskriptif tentang Pendidikan, Penerangan, Propaganda. Sebagai penelitian untukmemperoleh pemahaman dan penafsiran secara mendalam mengenai fungsio radio FM Bahik terhadap keadaan di dalam Pondok Pesantren Baitul Hikmah yang melakukan interaksi secara timbal- balik terhadap pondok pesantren Baitul Hikmah. Berdasarkan hasil analisis dari data yang didapatkan dalam penelitian Fungsi Radio Terhadap Pengembangan Dakwah di Pondok Pesantren, maka peneliti dapat menyimpulkan terhadap (1) Fungsi Radio Bahik FM Dalam Bidang Pendidikanadalah dengan diadakannya penyiaran secara live dalam kegiatan keseharian santri yaitu pengajian kitab kuning oleh syaikhuna dengan disiarkan langsung dari pondok melalui Radio. Jadi bukan hanya santri yang bisa menikmati manfaat dari adanya Radio tersebut, namun masyarakat sekitar bahkan sampai masyarakat luas pun bisa menikmati manfaat Radio. (2) Fungsi Radio Bahik FM Dalam Bidang Peneranganbahwa radio di Baitul Hikmah itu menjadi sebuah penerangan yang bisa membuat masyarakat tau akan berita atau ilmu yang disampaikan oleh narasumber yang sebelumnya masyarakat tidak paham atau tidak mengetahuinya. Salah satu yang digunakan ialah menyebarluaskan berita, pengajian, sharing dan juga diskusi-diskusi yang sering dilakukan. (3) Fungsi Radio Bahik FM Dalam Bidang Propagandakarena dapat mepengaruhi dan membujuk, persuasif, dan bersifat otoritatif (Paksaan) terhadap masyarakat sehingga masyarakat dapat merasa terajak dan ingin mengamalkan ilmu yang tlah diterima dari program yang telah disiarkan oleh Radio Bahik FM.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Dakwah; Radio; Pondok pesantren;
Subjects: Islam
Islam > Da'wah
Communications Telemunications > Radio Broadcasting
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Dita Destriana Matin
Date Deposited: 25 Sep 2020 06:28
Last Modified: 25 Sep 2020 06:28
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/33812

Actions (login required)

View Item View Item