Ahardi, Adi (2020) Manajemen PR tentang kegiatan CSR pada warga sekitar terdampak Covid-19 di PT. Pindad. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (234kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (224kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (348kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (802kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (515kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.docx.pdf Restricted to Registered users only Download (218kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (339kB) | Request a copy |
Abstract
Lembaga, perusahaan atau instansi mempunyai tanggung jawab sosial kepada seluruh pemangku kepentingan, baik itu karyawan, konsumen, pemegang saham hingga komunitas dan permasalahan lingkungan atas aktivitas yang dilakukan perusahaan. PT. Pindad (Persero) sebagai sebuah instansi memiliki komitmen dan tanggung jawab yang diwujudkan dalam pelaksanaan kegiatan CSR pada warga sekitar terdampak Covid-19. Fenomena wabah Covid-19 mempengaruhi semua aktivitas kehidupan yang menyebabkan kepanikan di masyarakat atas kejadian tersebut PT. Pindad (Persero) berupaya hadir bersama masyarakat dalam menghadapi wabah melalui program CSR. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses Manajemen Public Relations dalam kegiatan program CSR, yang meliputi: Pertama, tahap defing of problem CSR; Kedua, tahap planning and program CSR tentang Sasaran dan strategi; Ketiga, tahap action and communicating Program CSR; Keempat, tahap evaluation sebagai tolak ukur keberhasilan program CSR. Konsep yang digunakan pada penelitian ini yaitu konsep Manejemen PR Cutlip, Center & Broom. Konsep ini dipilih karena tahapan-tahapan untuk melakukan kegiatan program CSR. Paradigma yang digunakan peneliti ialah paradigma kontrukstivistik dengan pendekatan interpretif dan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan observasi lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanan kegiatan program CSR yang dilakukan PT. Pindad (Persero) ialah sebagai berikut: Pertama, tahap defening of problem yaitu melakukan analisa intruksi Pemerintah Pusat dan analisa keadaan lingkungan; Kedua, tahap planning tentang tujuan & strategi dilakukan melalui pembentukan Tim CSR, penentuan target sasaran, penentuan financial dan penentuan barang yang akan diberikan; Ketiga, tahap action & communicating program CSR yaitu pada tahap aksi dilakukan dengan penyerahan simbolis kepada aparat setempat dan penyerahan door to door kepada penerima bantuan, sedangkan pada tahap komunikasi yaitu dilakukan dengan komunikasi kelompok kecil dan komunikasi interpersonal; Keempat, tahap evaluation program sebagai tolok ukur pencapaian program dilakukan dengan melihat kesesuaian program dengan tujuan program dan dampaknya terhadap program yang dijalankan. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa PT. Pindad (Persero) telah melakukan kegiatan program CSR sebagai bentuk komitmen dan tanggungjawab perusahaan kepada warga sekitar yang terkena dampak Covid-19.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Public Relations; CSR; PT. Pindad (Persero) |
Subjects: | Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Adi Ahardi |
Date Deposited: | 28 Sep 2020 03:16 |
Last Modified: | 28 Sep 2020 03:16 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/33815 |
Actions (login required)
View Item |