Pengaruh pendapatan dari piutang Murabahah dan pendapatan bagi hasil Mudharabah terhadap Return On Equity pada pembiayaan PT. Bank BRI Syariah periode 2016-2018

Nurhasanah, Nurhasanah (2020) Pengaruh pendapatan dari piutang Murabahah dan pendapatan bagi hasil Mudharabah terhadap Return On Equity pada pembiayaan PT. Bank BRI Syariah periode 2016-2018. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (677kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (760kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa secara garis besar Bank BRI Syariah dalam menyalurkan dananya pada nasabah mengeluarkan produk pembiayaan syariah yang terbagi ke dalam empat kategori yang dibedakan berdasarkan tujuan penggunaanya, yaitu: pembiayaan dengan prinsip jual-beli, pembiayaan dengan prinsip sewa, pembiayaan dengan prinsip bagi hasil, dan pembiayaan dengan akad pelengkap adapun beberapa masalah yang ada di PT. Bank BRI Syariah Peneliti bertujuan untuk mengetahui 1) Seberepa besar pengaruh pendapatan dari piutang murabahah terhadap Retrun On Equity secara parsial, 2) Seberapa besar pendapatan bagi hasil mudharabah terhadap Retrun On Equity secara parsial dan 3) Seberapa besar pengaruh pendapatan dari piutang murabahah dan pendapatan bagi hasil mudharabah secara simultan terhadap Retrun On Equity pada pembiayaan PT.Bank BRI Syariah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif pendekatan kuantitatif metode analisis regresi sederhana dan regresi linier berganda dengan mengunakan asumsi uji t dan uji f, untuk pengolahan data digunakan program SPSS V.20 dengan cara memperoleh laporan yang telah di publikasi oleh PT.Bank BRI Syariah. Melalui penelitian ini diperoleh kesimpulan : (1). Perhitungan Uji parsial jumlah pendapatan dari piutang murabahah sebesar -1,453 artinya thitung<ttabel (-1,453<2,228), maka dapat dirumuskan Ho diterima H_a ditolak dan berpengaruh tapi tidak signifikan antara pendapatan dari piutang murabahah terhadap return on equity (ROE) pada PT. Bank BRI Syariah Indonesia. (2). Perhitungan Uji t parsial pendapatan bagi hasil mudharabah terhadap retrun on equity nilai thitung sebesar 2,915 dan t_tabel Sebesar 2,282. Hal ini memenuhi syarat thitung> t_tabel yakni 2,915>2,282 dengan nilai signifikan 0,382 maka H_a diterima H_oditolak , artinya pendapatan bagi hasil mudharabah berpengaruh positif terhadap return on equity pada pembiayaan PT. Bank BRI Syariah Tbk. (3). Hubungan Jumlah pendapatan dari piutang murabahah dan bagi hasil mudharabah terhadap retrun on equity secara simutan menujukan nilai Fhitung sebesar 1,339 dengan nilai signifikan 0,310. Hal ini menunjukkan bahwa Fhitung > Ftabel atau 1,339> 1.260, sehingga dapat dirumuskan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, artinya pengaruh pendapatan dari piutang murabahah dan pendapatan bagi hasil Mudharabah berpengaruh positif signifikan terhadap Return On Equity (ROE) pada PT. Bank BRI Syariah Tbk.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Murabahah; Mudharabah; Return On Equity;
Subjects: Accounting > General Publications of Accounting
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Nurhasanah Nurhasanah
Date Deposited: 12 Nov 2020 03:50
Last Modified: 12 Nov 2020 03:50
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/33835

Actions (login required)

View Item View Item