Tinjauan Fatwa Nomor 09/DSN-MUI/IV/2000 tentang Pembiayaan Ijarah pada Pelaksanaan Produk Safe Deposit Box di PT. Panin Dubai Syariah Bank Cabang Bandung

Rahman, Arif (2020) Tinjauan Fatwa Nomor 09/DSN-MUI/IV/2000 tentang Pembiayaan Ijarah pada Pelaksanaan Produk Safe Deposit Box di PT. Panin Dubai Syariah Bank Cabang Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (481kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (831kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (958kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (662kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB) | Request a copy

Abstract

Safe Deposit Box adalah salah satu produk yang disediakan oleh PT. Panin Dubai Syariah Bank Cabang Bandung kepada nasabahnya untuk menyimpan barang berharga yang dimiliki seperti perhiasan dan dokumen. Akad yang digunakan pada Safe Deposit Box yaitu ijarah (sewa-menyewa). Oleh karena itu, bagi nasabah yang ingin menyimpan barang berharganya di Safe Deposit Box, harus menyewa Safe Deposit Box terlebih dahulu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Mekanisme pelaksanaan produk Safe Deposit Box di PT. Panin Dubai Syariah Bank Cabang Bandung; 2) Kesesuaian Fatwa Nomor 09/DSN-MUI/IV/2000 tentang Pembiayaan Ijarah dengan Pelaksanaan Produk Safe Deposit Box di PT. Panin Dubai Syariah Bank Cabang Bandung. Berdasarkan tingkat eksplanasinya, penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan jenis data kualitatif yang disajikan dalam bentuk kata, kalimat, atau gambar. Data tersebut diperoleh dengan cara studi dokumentasi dan wawancara yang dilakukan dengan salah satu staf operasional bank. Kerangka pemikiran dalam penelitian ini yaitu menganalisis bagaimana pelaksanaan produk Safe Deposit Box di PT. Panin Dubai Syariah Bank Cabang Bandung yang dikaitkan dengan Fatwa Nomor 09/DSN-MUI/IV/2000 tentang Pembiayaan Ijarah mengenai objek ijarah yaitu harus diketahui sedemikian rupa untuk mencegah adanya jahalah (ketidaktahuan) yang dapat menimbulkan sengketa di kemudian hari. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan menunjukan bahwa mekanisme pelaksanaan produk Safe Deposit Box cukup mudah. Nasabah hanya perlu menyewa SDB untuk menyimpan barang berharga yang dimiliki dengan melampirkan beberapa persyaratan seperti fotocopy KTP, pas foto terbaru, membuka rekening tabungan di PDSB, dan menyerahkan uang jaminan kunci. Pelaksanaan SDB di PT. Panin Dubai Syariah Bank Cabang Bandung telah memenuhi rukun dari akad ijarah namun belum memenuhi syarat dari salah satu rukunnya yaitu objek ijarah yang terdapat dalam Fatwa Nomor 09/DSN-MUI/IV/2000 tentang Pembiayaan Ijarah. Dalam pelaksanannya pihak bank tidak perlu mengetahui isi dari Safe Deposit Box untuk menjaga privasi dari nasabah, padahal manfaat dari ijarah harus diketahui secara jelas untuk menghindari adanya sengketa di kemudian hari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Ijarah; Safe Deposit Box; Fatwa; Hukum Ekonomi Syariah; Muamalah
Subjects: Econmics > General Publications of Economic
Private Law > Banking and Insurance Law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Arif Rahman
Date Deposited: 29 Sep 2020 07:42
Last Modified: 29 Sep 2020 07:42
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/33864

Actions (login required)

View Item View Item