Pengaruh akrivitas siswa mengikuti ekstrakurikuler baca tulis Al-Qur'an terhadap prestasi belajar kognitif dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam: Penelitian terhadap Siswa Kelas IX SMPN 2 Banjaran Tahun Ajaran 2019/2020 Kecamatan Banjaran Kabupaten Bandung

Pangestika, Hapsari Aninda (2020) Pengaruh akrivitas siswa mengikuti ekstrakurikuler baca tulis Al-Qur'an terhadap prestasi belajar kognitif dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam: Penelitian terhadap Siswa Kelas IX SMPN 2 Banjaran Tahun Ajaran 2019/2020 Kecamatan Banjaran Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (529kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (766kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan, kegiatan ekstrakurikuler ini diadakan karena banyaknya siswa yang kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an-nya relatif rendah sehingga sangat dianjurkan diikuti oleh setiap siswa dan diyakini dapat meningkatkan prestasi belajar karena menunjang pembelajaran di kelas. Namun, di sisi lain masih terdapat siswa yang kurang dalam kemampuan dalam baca tulis Al-Qur’an begitupun prestasi belajarnya rendah, padahal jika dilihat dari segi kehadirannya hampi semua anggota aktif mengikuti ekstrakurikuler ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Aktivitas siswa mengikuti ekstrakurikuler baca tulis Al-Qur’an, 2) Prestasi belajar kognitif dalam mata pelajaran PAI dan 3) Pengaruh aktivitas siswa mengikuti ekstrakurikuler baca tulis Al-Qur’an dalam mata pelajaran PAI di Kelas IX SMPN 2 Banjaran Kabupaten Bandung. Penelitian ini bertitik tolak dari sebuah pemikiran bahwa kegiatan ekstrakurikuler memberikan dampak positif terhadap prestasi akademik yang lebih baik. Eksktrakurikuler Baca Tulis Al-Qur’an merupakan salah satu kegiatan yang dapat meningkatkan prestasi belajar dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif dan metode deskriptif. Responden penelitian ini adalah siswa Kelas IX SMPN 2 Banjaran dengan populasi 356 diambil sampel 15 % yaitu 53 siswa. Tempat dan waktu penelitian di SMPN 2 Banjaran dari tanggal 27 April s/d 08 Mei 2020. Teknik pengumpulan data penelitian melalui wawancara, angket, tes, observasi dan studi dokumentasi. Adapun teknik analisis data yaitu analisis parsial dan korelasional. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas siswa mengikuti ekstrakurikuler BTQ memiliki kualifikasi baik dengan rata-rata 3,9 yang berada pada interval 3,5 – 4,2. (2) Prestasi belajar kognitif dalam mata pelajaran PAI memiliki kualifikasi baik dengan rata-rata 7,5 yang berada pada interval 7 – 7,9. (3) Pengaruh aktivitas siswa mangikuti ekstrakurikuler BTQ terhadap prestasi belajar kognitif menghasilkan angka koefisien korelasi sebesar 0,92, angka tersebut tergolong kategori sangat tinggi karena berada pada skala 0,800 - 1,00. Derajat berpengaruh Variabel X terhadap Y yaitu sebesar 61 %. Artinya masih terdapat faktor lain sebesar 39 % yang memengaruhi prestasi belajar kognitif dalam mata pelajaran PAI.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas; Ekstrakurikuler BTQ; Prestasi Belajar Kognitif
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Haris Maiza Putra
Date Deposited: 30 Sep 2020 03:44
Last Modified: 30 Sep 2020 03:44
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/33898

Actions (login required)

View Item View Item