Laku vegetarian sebagai kepatuhan beragama pada pemeluk Buddha Maitreya dan Kristen Advent Kota Bandung: Studi komparatif di Vihara Maitreya Datu dan Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh Kota Bandung

Nurjanah, Tia Amalia (2020) Laku vegetarian sebagai kepatuhan beragama pada pemeluk Buddha Maitreya dan Kristen Advent Kota Bandung: Studi komparatif di Vihara Maitreya Datu dan Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAKSI)
2_abstrak.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (399kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (797kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB) | Request a copy

Abstract

Agama adalah sebuah pedoman manusia dalam menjalani hidup. Agama mengatur segala aspek kehidupan agar manusia senantiasa menjadi orang yang baik kepada Tuhan dan kepada sesama manusia. Termasuk dalam pemilihan makanan yang dikonsumsi sehari-hari baik dalam Buddha Maitreya maupun Kristen Advent. Dalam masing-masing agama terdapat peraturan bagaimana pemilihan makanan dan menjadi seorang vegetarian bagi setiap penganutnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tradisi vegetarian dalam agama Buddha Maitreya dan Kristen Advent, beserta persamaan dan perbedaan antara kedua agama tersebut. Model penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif. Sementara metode yang digunakan adalah metode komparatif. Metode komparatif merupakan sebuah metode yang digunakan untuk membandingkan dua sumber data untuk menemukan persamaan dan perbedaan. Kerangka berpikir pada penelitian ini adalah teori yang dikemukakan oleh Joachim Wach mengenai tiga ekspresi keagamaan (teoritis, praktis, sosiologis). Berdasarkan penelitian dan pembahasan diketahui bahwa tradisi vegetarian di dalam Buddha Maitreya dan Kristen Advent memiliki persamaan dan perbedaan. Persamaannya terletak pada bagaimana ajaran di Buddha Maitreya dan Kristen Advent sama-sama mempunyai doktrin teoritis mengenai apa yang akan mereka peroleh pada kehidupan setelah kematian jika menjadi vegetarian sehingga kepatuhan mereka terhadap agama dapat dilihat dari gaya hidup mereka sebagai vegetarian. Sementara perbedaannya terletak pada pemilihan makanan yang mereka konsumsi sehari-hari. Penganut Buddha Maitreya cenderung menghindari segala bentuk daging, sementara penganut Kristen Advent masih mengkonsumsi daging ikan serta memberikan toleransi pada daging ketika sedang sakit.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: vegetarian; agama buddha maitreya; agama kristen advent
Subjects: Religious Experiences
Religious Congregations and Orders
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi, Studi Agama Agama
Depositing User: Tia Amalia Nurjanah
Date Deposited: 30 Sep 2020 00:32
Last Modified: 30 Sep 2020 00:32
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/33907

Actions (login required)

View Item View Item