Pengaruh firm size dan Return On Assets (ROA) terhadap Dividend Payout Ratio (DPR) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi di PT. Mandom Indonesia Periode 2009-2018

Haq, Hanafia Dien (2020) Pengaruh firm size dan Return On Assets (ROA) terhadap Dividend Payout Ratio (DPR) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi di PT. Mandom Indonesia Periode 2009-2018. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (571kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (683kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
5_bab2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (913kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (516kB) | Request a copy

Abstract

Dividend Payout Ratio (DPR) di PT. Mandom Indonesia Tbk selama tahun 2009 – 2018 mengalami fluktuasi. Dividen yang berasal dari laba bersih akan dibagikan oleh pihak perusahaan kepada pemilik saham namun dengan memperhatikan kondisi perusahaan, diantaranya factor ukuran perusahaan dan profitabilitas. Masalah yang penulis temukan yaitu mengenai kemampuan perusahaan membayar dividen, dipengaruhi oleh seberapa besar laba bersih yang ditunjukan oleh Return On Assets yang siap dibagikan dan seberapa besar perusahaan yang menghasilkan laba. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis (1) Pengaruh Firm Size secara parsial terhadap Dividen Payout Ratio (DPR).; (2) Pengaruh Return On Assets (ROA) secara parsial terhadap Dividen Payout Ratio (DPR) serta (3) Pengaruh Firm Size dan Return On Assets (ROA) secara simultan terhadap Dividen Payout Ratio (DPR). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif melalui pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis kuantitatif yang meliputi analisis regresi linier sederhana dan berganda, analisis korelasi sederhana dan berganda, analisis koefisien determinasi dan berganda, analisis uji hipotesis uji t dan uji f. Pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS for windows version 2.0. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan PT. Mandom Indonesia, Tbk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Firm Size di PT. Mandom Indonesia Tbk secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Dividend Payout Ratio (DPR) diperoleh perbandingan koefisien determinasi sebesar 15,9% dan antara nilai thitung dan ttabel yaitu 1,228 < 2,30600. Maka, dapat dirumuskan H0 diterima dan Ha ditolak.; 2) Return On Assets (ROA) PT. Mandom Indonesia Tbk secara parsial berpengaruh tidak signifikan terhadap Dividend Payout Ratio (DPR) diperoleh koefisien determinasi sebesar 70% dan perbandingan anatara nilai thitung dan ttabel yaitu -4,324 < 2,30600. Maka, dapat dirumuskan H0 diterima dan Ha ditolak. 3) Firm Size dan Return On Assets (ROA) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Dividend Payout Ratio (DPR) diperoleh koefisien determinassi sebesar 97,4% dan hasil Uji f menunjukka nilai Fhitung < Ftabel yakni 129,129 > 4,47, sehingga Ha diterima dan H0 ditolak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Firm Size; Return On Assets (ROA); Dividend Payout Ratio (DPR);
Subjects: Accounting
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Hanafia Dien Haq
Date Deposited: 30 Sep 2020 03:39
Last Modified: 30 Sep 2020 03:39
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/33923

Actions (login required)

View Item View Item