Pengaruh revenues dan income before tax terhadap net income pada perusahaan sektor perkebunan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi di PT. Tunas Baru Lampung Tbk. Periode 2009-2018

Ghundar, Aqsel Ahmad (2020) Pengaruh revenues dan income before tax terhadap net income pada perusahaan sektor perkebunan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi di PT. Tunas Baru Lampung Tbk. Periode 2009-2018. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (379kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (792kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (496kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi asumsi teoritis bahwa profitabilitas dapat digunakan untuk mengukur kamampuan perusahaan dalam menghasilkan laba, salah satunya dengan menggunakan Net Income. Rasio ini diukur dengan membandingkan antara pendapatan dengan laba sebelum pajak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) seberapa besar pengaruh Revenues terhadap Net Income secara parsial, (2) seberapa besar pengaruh Income Before Tax terhadap Net Income secara parsial, (3) seberapa besar pengaruh Revenues dan Income Before Tax terhadap Net Income secara simultan pada PT. Tunas Baru Lampung Tbk. Periode 2009-2018. Kerangka berpikir dalam penelitian ini adalah apabila Revenues (Pendapatan Usaha) dan Income Before Tax (Laba Sebelum Pajak) mengalami peningkatan maka Net Income (Laba Bersih) pun akan naik begitupula sebaliknya. Karena Revenues dan Income Before Tax termasuk dalam faktor yang mempengaruhi Net Income. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis deskriptif untuk membuat suatu gambaran mengenai fakta-fakta yang diteliti dengan pedekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder runtun waktu yaitu Laporan Keuangan Publikasi PT. Tunas Baru Lampung Tbk. Periode 2009-2018 di www.tunasbarulampung.com. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Uji Asumsi Klasik, Analisis Deskriptif, Analisis Regresi, Analisis Korelasi, Analisis Koefisien Determinasi dan Analisis Uji Hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Secara parsial Revenues (XI) berpengaruh sangat signifikan terhadap Net Income (Y) dengan kontribusi sebesar 0,775 (77,5%), sedangkan sisanya 22,5% dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti dalam penelitian ini; (2) Secara parsial Income Before Tax (X2) berpengaruh sangat signifikan terhadap Net Income (Y) dengan kontribusi sebesar 0,998 (99,8%), sedangkan sisanya 0,2% dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti dalam penelitian ini; (3) Secara simultan Revenues (X1) dan Income Before Tax (X2) berpengaruh sangat signifikan terhadap Net Income (Y) dengan kontribusi sebesar 0,999 (99,9%), sedangkan 0,1% dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: revenues; income before tax; net income
Subjects: Administration of Economy
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Accounting > Public Accounting
Accounting > Accounting for Specific Phases of Business Activity
Accounting > Accounting for Specific Activities
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Aqsel Ahmad Ghundar
Date Deposited: 02 Oct 2020 00:27
Last Modified: 02 Oct 2020 00:27
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/33940

Actions (login required)

View Item View Item