Jual beli kartu perdana internet aktifan dalam perspektif hukum ekonomi syariah dan dihubungkan dengan UU No. 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen: Studi kasus di Jl Cipadung Kecamatan Cibiru Bandung

Andini, Ismi (2020) Jual beli kartu perdana internet aktifan dalam perspektif hukum ekonomi syariah dan dihubungkan dengan UU No. 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen: Studi kasus di Jl Cipadung Kecamatan Cibiru Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (364kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (614kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (684kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB) | Request a copy

Abstract

Pada masa modern ini, jual beli kartu perdana internet aktifan sudak tidak asing lagi bagi para pengguna internet, dimana internet sudah menjadi kebutuhan untuk berkomunikasi maupun mencari suatu informasi. Adapun Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya jual beli kartu perdana internet aktifan yang. Kartu perdana internet yang merupakan sebuah kartu perdana yang sudah diaktifkan terlebih dahulu yang mana terdapat paket kuota internet di dalamnya dengan besar kuota dan masa berlaku tertentu. Berkaitan dengan masa berlaku tersebut, terkadang konsumen tidak mengetahui secara pasti sisa dari masa berlaku yang dapat digunakan, karena telah diaktifkan ketika kartu tersebut berada di counter yang terletak di Cipadung, yaitu Seven Cell, M. Cell, Cintamu Cell, Dimas Cell, dan San Komunika. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan mekanisme jual-beli kartu perdana internet aktifan di Cipadung 2) Untuk mendeskripsikan jual-beli kartu perdana internet aktifan di Cipadung dalam perspektif UU No. 8 Tahun 1999 Tentang Perliandungan Konsumen 3) Untuk mendeskripsikan jual-beli kartu perdana internet aktifan di Cipadung dalam Perspektif Hukum Ekonomi Syariah. Sesuai dengan UU No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen, yang menyebutkan bahwa konsumen berhak untuk mendapatkan informasi secara lengkap mengenai barang yang akan dibeli, yang mana akan merugikan konsumen. Berkaitan dengan konsumen, berarti hukum akan memberikan perlindungan terhadap hak-hak konsumen dari sesuatu yang mengakibatkan tidak terpenuhinya hak-hak tersebut, karena pada dasarnya konsumen dan pelaku usaha saling membutuhkan. Metode penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan melakukan metode deskriptif, kepada pemilik counter di Cipadung dan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Adapun sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder dengan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara mendalam dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian skripsi ini mengungkapkan bahwa: 1) berdasarkan Perspektif UU No. 8 Tahun 1999, jual beli ini sudah memenuhi pasal-pasal dalam UUPK, namun masih terdapat beberapa kewajiban pelaku usaha sebagimana yang terdapat dalam pasal 7 sehingga beberapa hak-hak konsumen belum terpenuhi khususnya pada pasal 4 yang berkaitan dengan hak atas informasi yang benar, jelas dan jujur mengenai kondisi dan jaminan barang dan/atau jasa, 2) sedangkan dalam Perspektif Hukum Ekonomi Syariah jual beli tersebut sudah sesuai dengan rukun dan syarat jual beli yaitu berkaitan dengan ‘aqid, akad (ijab dan qabul), tempat akad, dan ma’qud ‘alaih (objek akad). Namun dalam etika bisnis pelaku usaha dalam Islam, belum dapat diimplementasikan secara optimal khususnya berkaitan dengan prinsip kejelasan dan kejujuran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Jual Beli; UUPK;
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Hukum Perjanjian dalam Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Ismi Andini
Date Deposited: 05 Oct 2020 04:42
Last Modified: 05 Oct 2020 04:42
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/33980

Actions (login required)

View Item View Item