Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap pelaksanaan jual beli pakaian bekas pada Media Sosial Instagram

Azizah, Eva Nur (2020) Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap pelaksanaan jual beli pakaian bekas pada Media Sosial Instagram. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (440kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (710kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (546kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB) | Request a copy

Abstract

Jual beli pakaian bekas di Instagram merupakan bentuk jual beli yang sama seperti praktik jual beli pada umumnya, hanya saja dilakukan melalui media sosial seperti Instagram. Bentuk jual beli tersebut menjadi salah satu praktik jual beli yang sangat diminati saat ini. Namun terkait dengan hukumnya, praktik jual beli pakaian bekas di Instagram belum memiliki kedudukan hukum yang jelas sehingga perlu dilakukan penelitian untuk mendapatkan kejelasan hukum mengenai jual beli pakaian bekas di Instagram tersebut. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui praktik jual beli pakaian bekas di media sosial Instagram; dan untuk mengetahui manfaat dan mudarat dari jual beli pakaian bekas di media sosial Instagram; serta untuk mengetahui praktik jual beli pakaian bekas di media sosial Instagram menurut hukum ekonomi syariah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yaitu sebuah metode penelitian yang berguna untuk mendeskripsikan dan memahami tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap pelaksanaan jual beli pakaian bekas pada media sosial Instagram berdasarkan hubungan teori dengan kenyataan di lapangan. Penelitian ini didasarkan kepada sebuah pemikiran bahwa setiap akad dalam muamalah harus dilakukan berdasarkan asas antaradhin, ta’awun, tabadulul manafi’, adamul riba, adamul gharar, tanpa paksaan serta jauh dari kemudaratan. Oleh karena itu segala bentuk penipuan dan pemalsuan dalam praktik jual beli dilarang dan akadnya menjadi batal. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data tersebut maka dapat dirumuskan kesimpulan bahwa praktik jual beli pakaian bekas di Instagram dilakukan dengan memposting foto pakaian dan berakhir dengan tawar-menawar harga hingga ijab qabul, kemudian terjadi kesepakatan dan terjadilah akad. Pelaksanaan jual beli pakaian bekas di Instagram telah memberikan banyak manfaat baik bagi penjual maupun bagi pembeli, dan terkait hukumnya menurut tinjauan hukum ekonomi syariah bahwa pelaksanaan jual beli pakaian bekas di Instagram jika ditinjau dari berbagai aspek fikih muamalah maka telah memberikan banyak manfaat bagi kedua belah pihak serta dilakukan berdasarkan asas fikih muamalah yaitu asas antaradhin. Oleh karena itu maka hukumnya adalah boleh atau sah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Jual Beli; Instagram
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Aspek Fikih Lainnya
Econmics > General Publications of Economic
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Eva Nur Azizah
Date Deposited: 05 Oct 2020 07:45
Last Modified: 05 Oct 2020 07:45
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/33991

Actions (login required)

View Item View Item