Pengaruh struktur modal, ukuran perusahaan dan profitabilitas terhadap harga saham : Studi kasus perusahaan farmasi Kimia Farma Tbk terdaftar di Jakarta Islamic Index tahun 2010 sampai 2019

Nurpajriah, Ela Siti (2020) Pengaruh struktur modal, ukuran perusahaan dan profitabilitas terhadap harga saham : Studi kasus perusahaan farmasi Kimia Farma Tbk terdaftar di Jakarta Islamic Index tahun 2010 sampai 2019. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak (1).pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (883kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB) | Request a copy

Abstract

Bisnis merupakan suatu aktivitas ekonomi yang dianggap dapat memberikan kontribusi besar terhadap kemajuan ekonomi negara. Didalam menjalankan sebuah roda bisnis, pelaku bisnis baik perorangan maupun entitas pada umumnya memiliki beberapa elemen penting yang dijadikan penggerak berjalannya kegiatan bisnis tersebut, dimana salah satunya adalah permodalan. Perusahaan memutuskan untuk melakukan investasi saat ini dengan harapan akan mendapatkan keunatungan dimasa mendatang. Profitabilitas atau kemampuan perusahaan memperoleh laba adalah suatu ukuran dalam persentase yang digunakan untuk menilai sejauh mana perusahaan mampu menghasilkan laba. Oleh karena itu ukuran profitabilitas menjadi hal yang sangat penting dalam dunia bisnis. Nilai profitabilitas juga menjadi norma ukuran bagi kesehatan perusahaan. Dengan demikian jika nilai pofitabilitas perusahaan tinggi, maka akan meningkatkan harga saham serta menarik minat para investor untuk berinvestasi. Tujuan penelitian ini adalah unutk mengetahu, menguji serta menganalisis pengaruh variabel Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas terhadap variabel Harga Saham. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif verivikatif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dari laporan keuangan tahunan PT. Kimia Farma Tbk 2010-2019 diambil dari laman web www.kimiafarma.co.id. Teknis analisis yang digunakan adalah regresi linier sederhana, regresi berganda, korelasi, uji t, uji F, koefisien determinasi. Pengujian hipotesis ini dilakukan untuk memastikan bahwa hasil analisis regresi layak diinterpretasika. Adapun Hasil dari penelitian ini bahwa secara parsial Struktur Modal berpengaruh terhadap Harga Saham sebesar 55,6 %, kemudian Profitabilitas berpengaruh terhadap Harga Saham sebesar 25,3%, dan Ukuran Perusahaan berpengaruh terhadap Harga Saham sebesar 17,6 %. Sedangkan secara simultan Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, dan Profitabilitas berpengaruh terhadap Harga Saham sebesar 83,7 % dan sisanya 16,3 % dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Keuangan; Struktur Modal; Ukuran Perusahaan; Profitabilitas; Harga Saham;
Subjects: Accounting > Education, Research of Accounting
Accounting > Financial Reporting
Accounting > Public Accounting
General Management > Financial Management
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Ekonomi Islam
Depositing User: Siti Ela Nurpajriah
Date Deposited: 06 Oct 2020 08:39
Last Modified: 06 Oct 2020 09:01
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/34037

Actions (login required)

View Item View Item