Metode Design Thinking Hadis: Pembelajaran, Riset, dan Partisipasi Masyarakat

Darmalaksana, Wahyudin (2020) Metode Design Thinking Hadis: Pembelajaran, Riset, dan Partisipasi Masyarakat. Project Report. Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Jalan AH. Nasution 105 Bandung.

[img]
Preview
Text
Full-DESIGN THINKING HADIS 04102020.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan membahas peluang pengembangan model design thinking hadis untuk pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat di lingkungan pendidikan tinggi keagamaan Islam. Metode penelitian ini menggunakan jenis kualitatif melalui studi pustaka dan studi lapangan dengan analisis isi. Hasil dan pembahasan penelitian ini meliputi ulasan tentang tinjauan umum konsep design thinking yang menyediakan ide-ide baru melalui proses kreatif, peluang pengembangan model design thinking hadis untuk pelaksanaan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, dan bentuk penulisan artikel metode design thinking hadis untuk keberhasilan publikasi di jurnal ilmiah. Penelitian ini menyimpulkan bahwa konsep umum design thinking memiliki peluang besar untuk dikembangkan ke dalam proses pembelajaran progresif, riset inovatif, dan pengabdian kepada masyarakat yang solutif berdasarkan insiprasi dari hadis Nabi Saw. untuk mengatasi berbagai problem yang berkembang di masyarakat kontemporer. Rekomendasi penelitian ini adalah pentingnya para peminat bidang hadis dan ilmu hadis memulai menerapkan metode design thinking hadis dalam pemecahan masalah melalui proses kreatif sejalan dengan implementasi tri dharma pendidikan tinggi keagamaan Islam di Indonesia.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Design thinking, Hadis Nabi Saw., Penelitian hadis, Publikasi ilmiah, Tri dhrma pendidikan tinggi
Subjects: Islam > Hadith
Islam > Study of Text of Hadith
Islam > Dirayah Science of Authenticity of Hadith
Islam > Hadith Other Sect
Al-Hadits dan yang Berkaitan
Al-Hadits dan yang Berkaitan > Ilmu Hadits
Divisions: Fakultas Ushuluddin
Depositing User: Dr. Wahyudin Darmalaksana
Date Deposited: 06 Oct 2020 13:31
Last Modified: 06 Oct 2020 13:31
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/34057

Actions (login required)

View Item View Item