Analisis isi feature kuliner di Media Ayo Bandung Edisi Februari 2020

Salsabila, Sheila (2020) Analisis isi feature kuliner di Media Ayo Bandung Edisi Februari 2020. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (464kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (728kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB) | Request a copy

Abstract

Berbicara mengenai kuliner di Kota Bandung pasti tidak akan ada habisnya, banyak sekali orang-orang kreatif yang menciptakan kuiner terbaru dan unik sehingga menjadi bahan berita unutk media massa. Media massa mempunyai peran penting dalam membangun wacana tentang kuliner, Media Online Ayobandung adalah salah satunya. Media Online Ayobandnung ini mempunyai rubrik kuliner tersendiri, yang dimana isinya memberikan informasi kuliner yang ada di Kota Bandung ataupun sekitarnya. Penelitian ini lebih menekankan pada berita feature kuliner karena berita kuliner menjadi salah satu kontek yang mempunyai peranan mmebangun potensi kuliner yang ada di daerah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui wacana yang ditampilkan dari tiga struktur kerja model Teun A Van Djik yaitu struktur makro, superstruktur, dan struktur mikro dalam feature kuliner di Media Online Ayobanndung edisi Februari 2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis wacana kritis model Teun A. Van Djik pada level teks. Penelitin ini tidak hanya mengetahui isi dari teks berita, tetapi juga bagaimana pesan disampikan lewat kata, frase, kalimat, metafora dalam suatu teks berita. Dengan melihat struktur tersebut, analisis wacana lebih bisa melihat makna yang tersembunyi dari teks tersebut. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pada struktur makro tema berita feature kuliner yang paling banyak diangkat adalah feature mengenai rekomendasi makanan yang sedang terkenal. Superstrukturnya, dari ke-9 feature tersebut memiliki skema yang termasuk kedalam kategori summery dimana terdapat judul dan lead disetiap feature tersebut dan story dimana setiap feature yang dianalisis memiliki proses atau jalannya sebuah tema yang diangkat. Begitupun dengan struktur mikro, walaupun dalam beberapa feature yang dianalisis ada yang tidak termasuk kedalam elemen yang ada pada struktur mikro, tetapi wartawan meuliskan feature dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian pada feature kuliner di Media Online Ayobandung, maka dapat disimpulkan bahwa berita feature kuliner di Media Online Ayobandung dapat menjadi acuan bagi media lain dalam menulis feature kuliner. Kata kunci : Analisis wacana, feature kuliner, Ayobandnung.com

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Analisis Wacana; Feature Kuliner; Ayobandnung.com
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Sheila Salsabila
Date Deposited: 07 Oct 2020 08:30
Last Modified: 07 Oct 2020 08:30
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/34078

Actions (login required)

View Item View Item