Kecerdasan spiritual siswa pengaruhnya terhadap kedisiplinan mereka dalam melaksanakn shalat fardhu : Penelitian pada siswa Kelas VIII SMP Plus Al-Kautsar Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung

Hasanah, Isma Fardiyatul (2020) Kecerdasan spiritual siswa pengaruhnya terhadap kedisiplinan mereka dalam melaksanakn shalat fardhu : Penelitian pada siswa Kelas VIII SMP Plus Al-Kautsar Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (392kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (457kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan, diperoleh informasi bahwa kecerdasan spiritual siswa kelas VIII SMP Plus Al-Kautsar tergolong cukup baik, namun dalam melaksanakan shalat fardhu mereka mempunyai tingkat kedisiplinan yang masih rendah. Hal ini terlihat dari masih banyaknya siswa yang mengobrol dengan teman atau sekedar duduk-duduk di depan kelas ketika jadwal shalat dzuhur berjama’ah di sekolah berlangsung. Terlihat pula dari buku monitoring shalat, masih banyak siswa yang tidak disiplin dalam melaksanakan shalat lima waktu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Kecerdasan spritual siswa di SMP Plus Al-Kautsar (2) Kedisiplinan shalat fardhu siswa di SMP Plus Al-Kautsar (3) Pengaruh kecerdasan spiritual terhadap kedisiplinan shalat fardhu siswa di SMP Plus Al-Kautsar. Kedisiplinan siswa dalam melaksanakan shalat fardhu dipengaruhi oleh kecerdasan spiritual mereka. Oleh karena itu penelitian ini mengacu pada kerangka pemikiran, jika siswa memiliki tingkat kecerdasan spiritual yang tinggi maka mereka akan semakin disiplin dalam melaksanakan shalat fardhu. Langkah-langkah penelitian ini adalah: 1) Pendekatan kuantititatif dan metode korelasional, 2) Sumber penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Plus Al-Kautsar yang berjumlah 40 orang, 3) Tempat dan waktu penelitian di SMP Plus Al-Kautsar pada tanggal 30 Oktober 2019 s/d 16 April 2020, 4) Teknik pengumpulan data penelitian melalui angket, observasi, studi kepustakaan dan metode dokumentasi, dan 5) Teknik analisis data penelitian dengan analisis parsial dan analisis korelasional. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan: (1) Kecerdasan spiritual siswa di kelas VIII SMP Plus Al-Kautsar termasuk dalam kategori tinggi, terbukti dengan rata-rata 3,94. Angka tersebut terdapat pada interval 3,40 – 4,19 (2) Kedisiplinan siswa dalam melaksanakan shalat fardhu di kelas VIII SMP Plus AlKautsar termasuk dalam kategori tinggi, terbukti dengan rata-rata 3,89. Angka tersebut terdapat pada pada interval 3,40 – 4,19. (3) Angka koefisien korelasi sebesar 0,76 angka tersebut tergolong kategori tinggi, karena 0,76 berada pada skala 0,60 – 0,80 = Korelasi tinggi. Hasil perhitungan hipotesis diperoleh thitung > ttabel atau 7,2 > 0,312, artinya Ha diterima dan H0 ditolak, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara kecerdasan spiritual siswa terhadap kedisiplinan mereka dalam melaksanakan shalat fardhu di SMP Plus AL-Kautsar. Derajat berpengaruh variabel X terhadap Y sebesar 58%. Artinya masih terdapat banyak faktor lain yang mempengaruhi kedisiplinan mereka dalam melaksanakan shalat fardhu di SMP Plus Al-Kautsar, yakni sebesar 42%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Isma Fardiyatul Hasanah
Date Deposited: 09 Oct 2020 02:24
Last Modified: 09 Oct 2020 02:24
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/34112

Actions (login required)

View Item View Item