Fatimah, Euis Lisefti (2020) Aktivitas anak pada penggunaan media film animasi “Nussa dan Rara” hubungannya dengan kemandirian anak usia dini : Penelitian di RA Mubarokah Firrizqi Baregbeg Kabupaten Ciamis tahun ajaran 2019/2020. Diploma thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.
|
Text
1_COVER.pdf Download (273kB) | Preview |
|
|
Text
2_ABSTRAK.pdf Download (485kB) | Preview |
|
|
Text
3_DAFTAR ISI.pdf Download (294kB) | Preview |
|
|
Text
4_BAB I.pdf Download (450kB) | Preview |
|
Text
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (989kB) | Request a copy |
||
Text
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (568kB) | Request a copy |
||
Text
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (689kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (400kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (309kB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan peneliti di RA Mubarokah Firrizqi Baregbeg Kabupaten Ciamis, peneliti memandang adanya kondisi yang tidak selaras dan masih terdapat anak yang kemandiriannya belum terbentuk seutuhnya. Hal ini terlihat bahwa pada dasarnya sudah memiliki kemampuan untuk hidup mandiri, namun perkembangan setiap anak berbeda sehingga ada anak yang belum mampu melakukan sesuatu tanpa bantuan orang lain atau saat berinteraksi dengan lingkungan sekalipun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) aktivitas anak pada penggunaan media film animasi “Nussa dan Rara”; 2) kemandirian anak usia dini; dan 3) hubungan antara aktivitas anak pada penggunaan media film animasi “Nussa dan Rara” dengan kemandirian anak usia dini. Kemandirian anak usia dini dapat dikembangkan dengan berbagai cara salah satunya melalui tayangan film animasi “Nussa dan Rara”. Tayangan film animasi “Nussa dan Rara” ini terdapat berbagai makna yang dapat dicontoh oleh anak usia dini dan mampu menarik perhatian anak. Metode penelitian yang digunakan adalah korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik RA Mubarokah Firrizqi Kecamatan Baregbeg Kabupaten Ciamis yang berjumlah 9 orang. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil perhitungan variabel X (aktivitas anak pada penggunaan media film animasi “Nussa dan Rara”) diperoleh nilai rata-rata sebesar 62. Angka tersebut berada pada interval 60 – 69 dengan kategori cukup. Sedangkan pada variabel Y (kemandirian anak usia dini) diperoleh nilai rata-rata sebesar 63. Angka tersebut berada pada interval 60 – 69 dengan kategori cukup. Aktivitas anak pada penggunaan media film animasi “Nussa dan Rara” hubungannya dengan kemandirian anak usia dini di RA Mubarokah Firrizqi Baregbeg Kabupaten Ciamis diperoleh angka koefisien korelasi diperoleh sebesar 0,62 berada pada rentang interval 0,600 – 0,799 yang artinya memiliki tingkat hubungan kuat. Hasil uji signifikansi diperoleh harga t_hitung = 2,07 > t_tabel = 1,89458. Artinya H_0 (hipotesis nol) ditolak dan H_a (hipotesis alternatif) diterima. Adapun besar kontribusi atau pengaruh aktivitas anak pada penggunaan media film animasi “Nussa dan Rara” (variabel X) terhadap kemandirian anak usia dini (variabel Y) sebesar 38,44%. Hal ini menunjukkan terdapat 61,56% merupakan faktor lain yang mempengaruhi kemandirian anak usia dini.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | film animasi; nusa dan rara; kemandirian; anak usia dini |
Subjects: | Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) |
Depositing User: | Euis Lisefti Fatimah |
Date Deposited: | 30 Nov 2020 07:19 |
Last Modified: | 30 Nov 2020 07:19 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/34116 |
Actions (login required)
View Item |