Profil Keterampilan Berpikir Kritis siswa (KBKr) berdasarkan jenis kelamin pada materi sistem pernapasan kelas XI: Penelitian survey pada siswa kelas XI MIPA SMA Yadika Cicalengka

Rosalina, Nisa (2020) Profil Keterampilan Berpikir Kritis siswa (KBKr) berdasarkan jenis kelamin pada materi sistem pernapasan kelas XI: Penelitian survey pada siswa kelas XI MIPA SMA Yadika Cicalengka. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (324kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (836kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (517kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan KBKr siswa laki-laki dan siswa perempuan pada materi sistem pernapasan manusia dan menganalisis kendala siswa laki-laki dan siswa perempuan dalam menjawab soal materi sistem pernapasan manusia. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif metode survey tipe cross-sectional survey design. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas XI MIPA dari tiga kelas dengan jumlah 95 siswa yang terdiri dari 45 siswa laki-laki dan 50 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan KBKr siswa laki-laki dan perempuan. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata mean siswa laki-laki 47,00 sedangkan perempuan 56,11 dan modus siswa laki-laki 57,00 sedangkan perempuan 54,00. Berdasarkan hasil tes KBKr siswa laki-laki dan siswa perempuan memiliki kemampuan yang sama pada indikator memberikan penjelasan senderhana, siswa laki-laki memiliki kelemahan pada indikator memberikan penjelasan lanjut sedangkan perempuan pada indikator strategi dan taktik. Siswa laki-laki memiliki nilai tertinggi pada sub indikator memfokuskan pertanyaan dan terendah pada sub indikator melakukan induksi dan mempertimbangkan hasil induksi sedangkan perempuan memiliki nilai tertinggi pada sub indikator menganalisis argumen dan terendah pada sub indikator mempertimbangkan istilah dan suatu definisi. Kendala siswa laki-laki dan siswa perempuan dalam menjawab soal materi sistem pernapasan manusia yaitu siswa kesulitan dalam memahami bahasa-bahasa asing yang terdapat pada soal penelitian. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat perbedaan KBKr berdasarkan jenis kelamin pada materi sistem pernapasan kelas XI, nilai KBKr siswa perempuan lebih tinggi dibandingkan dengan siswa laki-laki.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: KBKr; jenis kelamin; sistem pernapasan
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Education and Research of Literatures
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Nisa Rosalina
Date Deposited: 13 Oct 2020 01:10
Last Modified: 13 Oct 2020 01:10
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/34190

Actions (login required)

View Item View Item