Penerapan Model Children Learning In Science (CLIS) untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada pembelajaran tematik: Penelitian tindakan kelas di Kelas V-B MI Al-Misbah Sapan Kab.Bandung

Mardiah, Dede (2020) Penerapan Model Children Learning In Science (CLIS) untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada pembelajaran tematik: Penelitian tindakan kelas di Kelas V-B MI Al-Misbah Sapan Kab.Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (317kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (818kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (183kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya temuan permasalahan yang ada di kelas V-B MI Al-Misbah Sapan yaitu, kurangnya buku tematik, selain itu pembelajaran yang masih menggunakan model pembelajaran yang bersifat umum hal ini yang menyebabkan siswa sulit untuk menerima materi, dan dilihat dari nilai ulangan harian tematik dan tes uraian kognitif yang telah diberikan menunjukkan masih rendahnya nilai hasil belajar kognitif siswa. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui : 1) Hasil belajar kognitif siswa kelas V-B MI Al-Misbah Sapan pada pembelajaran tematik sebelum menggunakan model CliS, 2) Penerapan model CliS pada pembelajaran tematik di kelas V-B MI Al-Misbah Sapan pada setiap siklus, 3) Hasil belajar kognitif siswa kelas V-B MI Al-Misbah Sapan pada pembelajaran tematik setelah menggunakan model pembelajaran CliS. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa hasil belajar siswa ditentukan oleh banyak faktor salah satunya penerapan model yang tepat, termasuk model pembelajaran CliS. Berdasarkan asumsi tersebut maka hipotesis yang diajukan adalah penerapan model Children Learning in Science (CliS) diduga dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada pembelajaran tematik di kelas V-B MI Al-Misbah Sapan Kabupaten Bandung. Model CliS ini terdiri dari 5 tahap inti yaitu orientasi, pemunculan gagasan, penyusunan ulang gagasan, penerapan gagasan dan pengkajian ulang gagasan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dengan tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan observasi. Dilengkapi dengan instrumen berupa RPP, lembar evaluasi, lembar observasi guru dan siswa. Analisis data deskriftif untuk kualitatif dan analisis data statistik untuk data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan sebelum menerapkan model CliS hasil belajar kognitif siswa memperoleh nilai rata-rata 50,25. Keterlaksanan penerapan model CliS untuk aktivitas guru pada siklus I sebesar 75,5% dan siklus II 85,36% dan keterlaksanaan aktivitas siswa pada siklus I sebesar 74,53% dan siklus II 85%. Setelah menerapkan model CliS hasil belajar kognitif siswa pada setiap siklusnya mengalami peningkatan yaitu persentase ketuntasan klasikal siklus I sebesar 60% dengan nilai rata-rata 59,25 dan angka klasikal pada siklus II mencapai 80% dengan nilai rata-rata 75,25, dengan demikian penelitian ini telah selesai sesuai dengan tujuan yakni meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada pembelajaran tematik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dede Mardiah
Date Deposited: 14 Oct 2020 01:37
Last Modified: 14 Oct 2020 01:37
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/34197

Actions (login required)

View Item View Item