Aktivitas siswa mengikuti kegiatan pembinaan akhlak hubungannya dengan disiplin belajar mereka di sekolah : Penelitian di MAN 2 Kota Bandung Jl. Desa Cipadung nomor 57 Kelurahan Cipadung Kecamatan Cibiru Kota Bandung

Al-Azka, Audina Yasyfa (2020) Aktivitas siswa mengikuti kegiatan pembinaan akhlak hubungannya dengan disiplin belajar mereka di sekolah : Penelitian di MAN 2 Kota Bandung Jl. Desa Cipadung nomor 57 Kelurahan Cipadung Kecamatan Cibiru Kota Bandung. Diploma thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (427kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB) | Request a copy

Abstract

Penenlitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kualitas kedisiplinan siswa di MAN 2 Kota Bandung, adapun yang menjadi faktor penyebabnya yakni kurangnya kesadaran akan rasa tanggung jawab para siswa dalam mentaati tata tertib di sekolah. Berdasarkan studi pendahuluan, diperoleh informasi bahwa maraknya siswa yang melanggar tata tertib sekolah terlebih pada ketidak tepatan waktu datang ke sekolah, dan tingkah laku/perbuatan siswa dalam kegiatan pembelajaran. Adapun tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui: 1) Realitas aktivitas siswa mengikuti kegiatan pembinaan akhlak, 2) Realitas disiplin belajar siswa, 3) Hubungan aktivitas siswa mengikuti kegiatan pembinaan akhlak dengan disiplin belajar mereka di sekolah. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa disiplin belajar siswa dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya ialah aktivitas siswa mengikuti kegiatan pembinaan akhlak. Berdasarkan hal tersebut, maka hipotesis yang diajukan ialah semakin serius siswa mengkuti kegiatan pembinaan akhlak, maka semakin baik kualitas disiplin belajarnya. Penelitian ini menggunakan metode korelasi, yang mana metode ini digunakan untuk membandingkan hasil pengukuran dua variabel yang berbeda agar dapat menentukan hubungan antara kedua variable tersebut. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yakni teknik observasi, wawancara, angket dan studi dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh simpulan: (1) Realitas aktivitas siswa mengikuti kegiatan pembinaan akhlak di MAN 2 Kota Bandung (variabel X) diperoleh nilai rata-rata sebesar 4,14, yang termasuk ke dalam kategori baik. (2) Realitas disiplin belajar siswa di MAN 2 Kota Bandung (variabel Y) diperoleh nilai rata-rata sebesar 4,20, yang termasuk ke dalam kategori sangat baik. (3) Realitas hubungan aktivitas siswa mengikuti kegiatan pembinaan akhlak dengan disiplin belajar mereka di sekolah diperoleh angka koefisien 0,6332 yang artinya korelasi tersebut ada pada kategori korelasi sedang atau cukup. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh hasil t hitung (318,594) > t tabel (1,69) yang dapat diartikan bahwa hipotesis diterima. Sedangkan dari hasil koefisien korelasi yang didapat, kadar pengaruhnya yakni sebesar 40% artinya masih terdapat 60% faktor lain yang mempengaruhi disiplin belajar siswa di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas siswa; kegiatan pembinaan akhlak; disiplin belajar
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > School Discipline
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: audina yasyfa al azka
Date Deposited: 19 Oct 2020 03:28
Last Modified: 19 Oct 2020 03:28
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/34214

Actions (login required)

View Item View Item