Wahdah, Nida Amanatu (2020) Profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam hubungannya dengan motivasi belajar siswa: Penelitian terhadap siswa kelas VIII D SMP Negeri 54 Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (119kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (23kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (31kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (335kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (845kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (595kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (472kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (171kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (163kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini berawal dari peserta didik yang masih kurang motivasi belajar di kelas seperti tidak memperhatikan, bermain-main ketika guru sedang menerangkan, dan ketika diberi pertanyaan masih ada yang tidak bisa menjawab. Hal itu menunjukkan bahwa perilaku belajar terkesan pasif dan akhirnya menyebabkan peserta didik kurang memahami apa yang disampaikan oleh Guru. Terkait masalah tersebut, dipertanyakan bagaimana profesionalisme guru pendidikan agama Islam dan bagaimana mengatasi permasalahan tersebut, untuk memotivasi belajar siswa. Yaitu dengan, kerangka pemikiran tujuan indikator dari profesionalisme guru pendidikan agama Islam dan indikator motivasi belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini dimaksudkan (1) untuk mengetahui profesionalismeguru pendidikan agama Islam, (2) untuk mengetahui motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pai, (3) untuk mengetahui hubungan antara profesionalisme guru pendidikan agama Islam dengan motivasi belajar siswa. Hipotesis yang diajukan yakni semakin tinggi tingkat profesionalisme guru pendidikan agama Islam, maka akan semakin tinggipula motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI, dan begitupun sebaliknya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif adalah suatu jenis penelitian yang tujuaanya untuk mendeskripsikan fenomena-fenomena yang ada, baik fenomena alamiah maupun fenomena buatan manusia. Penelitian ini menggunakan random sampling 35 siswa kelas VIII D SMPN 54 Bandung. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Profesionalisme guru pendidikan agama Islam dalam kategoribaik dengan skor rata-rata 3, 59, motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI termasuk dalam kategori baik dengan skor rata-rata 3, 41, Sedangkan profesionalime guru pendidikan agama Islam terhadap motivasi belajar siswa berkorelasi sedang dengan koefisien korelasi sebesar 0, 528 berada pada rentang 0,40-0,599 itu artinya ada pada kategori sedang. Hasil uji signifikansi koefisien korelasi menunjukan nilai thitung lebih besar dari ttabel yakni 4,65>1, 695 diartikan bahwa hipotesis diterima. Variabel X mempunyi pengaruh terhadap variabel Y sebesar 27, 8% sesuai yang artinya masih terdapat 72, 2% faktor lain yang mempengaruhi variabel Y.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Professionalism;Student Motivation;IslamicEducation |
Subjects: | Islam Education > Psychology of Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nida Amanatu Wahdah |
Date Deposited: | 15 Oct 2020 07:18 |
Last Modified: | 15 Oct 2020 07:18 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/34265 |
Actions (login required)
View Item |