Nilai nilai pendidikan karakter dalam Novel Anak-Anak Langit karya Mohd Amin MS untuk membina karakter siswa di Madrasah Ibtidaiyah

Fauliyah, Fika (2020) Nilai nilai pendidikan karakter dalam Novel Anak-Anak Langit karya Mohd Amin MS untuk membina karakter siswa di Madrasah Ibtidaiyah. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (394kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (575kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB) | Request a copy

Abstract

Fenomena akhir-akhir ini yang terjadi di Indonesia dan khususnya di lingkungan masyarakat adalah sering adanya kebiasaan-kebiasaan buruk yang ada pada diri siswa seperti terjadinya keributan, perkelahian, menyontek, tidak menghargai orangtua, siswa yang tidak berkata jujur dan hal lainnya yang dapat membunuh karakter siswa. Dan fenomena-fenomena inilah yang biasa terlihat dikalangan anak-anak bangsa yang berada dalam kondisi yang tidak utuh atau krisis dalam segi moral dan akhlaknya, sehingga ada kemungkinan Indonesia akan kehilangan anak-anak yang memiliki moral dan akhlak. Karena pada dasarnya pendidikan karakter merupakan hal yang sangat penting yang harus ada pada diri anak, karena kecerdasan otak tidaklah cukup untuk membantu bangsa dan Negara saat ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nilai-nilai karakter yang ada dalam novel Anak-anak Langit Karya Mohd Amin MS serta untuk membina dan menerapkan karakter kepada siswa MI. Dengan begitu salah satu sumber belajar yang dapat mengubah, memperbaiki, menanamkan serta menumbuhkan karakter anak-anak adalah sumber bacaan seperti novel, yang mana memuat nilai-nilai pendidikan karakter. Seperti yang dikatakan oleh Herfanda dalam Harsanti (2017) mengatakan bahwa sastra atau novel ini merupakan suatu peluang yang sangat besar dalam membentuk masyarakat dan memperbaiki masyarakat ke arah perubahan, termasuk dalam perubahan karakter. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode analisis isi (content analysis). Jenis penelitian yang digunakan adalah Library Research (studi kepustakaan). Teknik pengumpulan data dengan studi dokumentasi dan studi pustaka. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data (data reduction), penyajian data (display data) dan penarikan kesimpulan/verifikation (Conclusion Drawing). Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan ada 18 karakter yang ada didalam novel Anak-anak Langit yaitu religius, jujur, tanggung jawab, disiplin, bekerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, gemar membaca, menghargai prestasi, demokratis, peduli sosial, bersahabat/komunikatif, toleransi, semangat kebangsaan, cinta tanah air, cinta damai, dan peduli lingkungan. Adapun dalam menerapkan ke-18 karakter ini adalah dalam kegiatan-kegiatan atau program-program yang disediakan di lingkungan sekolah seperti ekstrakulikuler, intrakulikuler serta kegiatan-kegiatan rutin lainnya yang dapat dijadikan kebiasaan untuk siswa MI.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Nilai Nilai Pendidikan Karakter; Novel
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fika Fauliyah
Date Deposited: 19 Oct 2020 04:15
Last Modified: 19 Oct 2020 04:15
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/34266

Actions (login required)

View Item View Item