Fauzan, Muhammad Rizki Miftah (2020) Respon siswa terhadap metode Tilawati hubungannya dengan minat belajar membaca Al-Qur’an pada kegiatan BTQ : Penelitian pada siswa kelas 7-H SMP Negeri 56 Bandung. Diploma thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (179kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (282kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (177kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (477kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (687kB) | Request a copy |
||
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (687kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (570kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (828kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (277kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (391kB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan studi pendahuluan yang penulis lakukan di SMP Negeri 56 Bandung, bahwa dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-quran siswa, sekolah mengadakan kegiatan pembelajaran BTQ (Baca Tulis Quran) yang melibatkan seluruh siswa kelas VII yang terdiri dari 257 siswa, dari 8 rombongan kelas. Penyusun tertarik untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara respon siswa terhadap penggunaan metode tilawati dengan minat belajar membaca Al-Qur’an pada kegiatan BTQ. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui realitas respon siswa terhadap penggunaan metode tilawati, 2) Realitas minat belajar membaca Al-Qur’an pada kegiatan BTQ, dan 3) Realitas hubungan antara respon siswa terhadap penggunaan metode tilawati dengan minat belajar membaca Al-Qur’an pada kegiatan BTQ. Berdasarkan teori yang ada penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa minat belajar membaca Al-Qur’an pada kegiatan BTQ salah satunya dipengaruhi oleh respon siswa terhadap penggunaan metode tilawati. Dari asumsi tersebut dapat diajukan hipotesis, semakin positif respon siswa terhadap penggunaan metode tilawati, maka semakin baik pula minat belajar membaca Al-Qur’an pada kegiatan BTQ. Langkah-langkah penelitian ini adalah: 1) Pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode korelasi. 2) Responden 30 orang siswa Kelas 7-H SMP Negeri 56 Bandung. 3) Alat pengumpulan data: angket, tes, wawancara, studi kepustakaan, observasi. 4) Analisis data kualitatif menggunakan pendekatan logika dan analisis data kuantitatif menggunakan pendekatan statistik. Hasil penelitian diperoleh: 1) Realitas respon siswa terhadap penggunaan metode tilawati termasuk kategori tinggi yaitu 3, 98 yang berada pada interval 3, 40 - 4, 19. 2) Realitas Minat belajar membaca Al-Qur’an pada kegiatan BTQ termasuk kategori tinggi, dengan nilai rata-rata 3,87 yang berada pada interval 3,40 - 4,19. 3) Realitas hubungan respon siswa terhadap penggunaan metode tilawati dengan minat belajar membaca Al-Qur’an pada kegiatan BTQ berada pada kategori sangat tinggi/kuat dengan koefisien korelasi sebesar 0, 93 yang berada pada interval 0,80 – 1,00. Derajat pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 63%. Ini menunjukan masih ada faktor lain yang mempengaruhi sebesar 37%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Tilawati; Minat Belajar; Membaca Al-Quran; |
Subjects: | Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muhammad Rizki Miftah Fauzan |
Date Deposited: | 17 Dec 2020 03:47 |
Last Modified: | 17 Dec 2020 03:47 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/34272 |
Actions (login required)
View Item |