Bimbingan rohani islam terhadap kedisiplinan shalat fardhu anggota kepolisian: Penelitian di Polres Tasikmalaya Jalan Raya Mangunreja No.1 Kecamatan Mangunreja Kabupaten Tasikmalaya

Pratiwi Anggraeni, Dian (2020) Bimbingan rohani islam terhadap kedisiplinan shalat fardhu anggota kepolisian: Penelitian di Polres Tasikmalaya Jalan Raya Mangunreja No.1 Kecamatan Mangunreja Kabupaten Tasikmalaya. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (456kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (880kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (907kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari pengamatan terhadap anggota polisi di wilayah Polres Kabupaten Tasikmalaya yang menunjukan masih rendahnya kedisiplinan dalam melaksanakan shalat fardhu. Dengan adanya bimbingan rohani Islam ada beberapa anggota polisi yang mampu meningkatkan kedisiplinannya dalam melaksanakan shalat fardhu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui a). kedisiplinan shalat anggota kepolisian di Polres Kabupaten Tasikmalaya. b). proses bimbingan rohani Islam di Polres Kabupaten Tasikmalaya. c). Hasil bimbingan rohani Islam terhadap kedisiplinan shalat fardhu anggota kepolisian di Polres Kabupaten Tasikmalaya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini ialah menggunakan teori behavior, karena mengkaji tentang kedisiplinan shalat, dimana disiplin merupakan salah satu bentuk tingkah laku yang telah terjadwalkan. Perilaku melanggar atau tidak disiplin dalam shalat dianggap sebagai perilaku maladaptif dan perilaku tersebut dapat dihapus serta diubah menjadi lebih efektif sesuai yang diinginkan yakni disiplin dalam melaksanakan shalat. Bimbingan rohani Islam merupakan proses pemberian bantuan kepada seseorang yang mengalami kesulitan terhadap pemahaman tentang agama Islam, disamping itu memberikan suatu bantuan kepada seorang individu yang mengalami kesulitan, baik lahiriah maupun bathiniah yang menyangkut kehidupan di masa kini dan masa mendatang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara berupa wawancara langsung kepada pihak yang bersangkutan yaitu Kasubbag Sumda, Staf Bimbingan Rohani Islam dan para anggota kepolisian dari berbagai bidang. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa a). Kedisiplinan shalat fardhu anggota polisi di wilayah Polres Kabupaten Tasikmalaya menjadi cukup disiplin. b). Bimbingan rohani islam yang dilaksanakan di wilayah Polres Kabupaten Tasikmalaya dalam pelaksanaannya berdasarkan Perpol Nomor 10 tahun 2018 dengan materi,metode dan media yang telah ditentukan. c). Bimbingan Rohani Islam terhadap Kedisiplinan Shalat Fardhu Anggota Kepolisian sudah sangat baik karena setelah melakukan kegiatan bimbingan rohani Islam adanya perubahan serta dampak positif terhadap kedisiplinan shalat anggota polisi. Kata Kunci : Bimbingan Rohani Islam, Kedisiplinan, Shalat Fardhu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Rohani Islam; Kedisiplinan; Shalat Fardhu;
Subjects: Buildings for Religious Architecture
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Dian Pratiwi Anggraeni
Date Deposited: 16 Oct 2020 06:12
Last Modified: 16 Oct 2020 06:12
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/34279

Actions (login required)

View Item View Item