Pengaruh Biaya Operasional per Pendapatan Operasional (BOPO) dan Financing to Deposit Ratio (FDR) dan Net Operating Margin (NOM) pada PT. Bank Syariah Bukopin Tbk periode 2014-2019

Masalik, Nahjie Aswab (2020) Pengaruh Biaya Operasional per Pendapatan Operasional (BOPO) dan Financing to Deposit Ratio (FDR) dan Net Operating Margin (NOM) pada PT. Bank Syariah Bukopin Tbk periode 2014-2019. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (180kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (649kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB) | Request a copy

Abstract

Kondisi keuangan perbankan Syariah secara umum masih pada tahap pertumbuhan, akan tetapi perbankan syariah mampu menunjukan eksistensinya dan terus mengalami pertumbuhan dalam menghadapi berbagai situasi perekonomian. Profitabilitas atau rentabilitas merupakan faktor utama yang selalu diperhatikan dalam menjalankan usaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1). Pengaruh Biaya Operasional per Pendapatan Operasional (BOPO terhadap Net Operating Margin (NOM) PT. Bank Syariah Bukopin periode 2014-2019 secara parsial, 2). Pengaruh Financing to Deposit Ratio (FDR) terhadap Net Operating Margin (NOM) PT. Bank Syariah Bukopin periode 2014-2019 secara parsial, serta 3). pengaruh Biaya Operasional per Pendapatan Operasional (BOPO) dan Financing to Deposit Ratio (FDR) Terhadap Net Operating Margin (NOM) PT. Bank Syariah Bukopin periode 2014-2019 secara simultan. BOPO termasuk rasio rentabilitas keberhasilan bank didasarkan pada penelitian kuantitatif. Semakin kecil rasio ini berarti semakin efisien biaya operasional yang dikeluarkan bank yang bersangkutan. Semakin kecil BOPO juga berpengaruh untuk melihat kinerja perusahaan. FDR sebagai rasio likuiditas bank syariah. Semakin tinggi rasio ini, semakin rendah kemapuan likuiditas bank. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian menggunakan uji asumsi klasik, uji analisis yaitu dengan analisis regresi, analisis korelasi pearson product moment, koefisien determinasi, dan uji hipotesis (uji t dan uji f). Analisis pada penelitian ini didukung dengan menggunakan aplikasi SPSS for windows versi 24. Data yang digunakan adalah data sekunder dari PT. Bank Syariah Bukopin periode 2014-2019. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial Biaya Operasional per Pendapatan Operasional tidak berpengaruh signifikan terhadap Net Operating Margin (NOM)..dengan perbandingan nilai t_hitung˂ t_tabel (-1,356 ˂2,073) dengan tingkat signifikansi sebesar 0,189 ˃ 0,05 Sedangkan financing to Deposit ratio (FDR) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Net Operating Margin (NOM) dengan nilai t hitung > t tabel (4,437 > 2.037). Adapun secara simultan Biaya Operasional per Pendapatan Operasional (BOPO) dan Financing to Deposit Ratio (FDR) berpengaruh yang tidak signifikan terhadap Net Operating Margin (NOM). dengan hasil pengujian hipotesis diperoleh Fhitung > Ftabel atau 11,781 > 3,47.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: biaya operasional per pendapatan operasional; financing to deposit ratio; net operating margin
Subjects: Econmics > Data Processing and Analysis of Economic
Accounting
Accounting > Financial Reporting
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Nahjie Aswab Masalik
Date Deposited: 19 Oct 2020 04:11
Last Modified: 19 Oct 2020 04:12
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/34311

Actions (login required)

View Item View Item