Bimbingan rohani Islam dalam menjaga kesehatan mental ibu melahirkan: Studi di Rumah Sakit Ibu dan Anak Al-Islam, Jalan Awibitung No. 28-31 Cicadas Bandung

Ula, Sumayyah Syahidatul (2020) Bimbingan rohani Islam dalam menjaga kesehatan mental ibu melahirkan: Studi di Rumah Sakit Ibu dan Anak Al-Islam, Jalan Awibitung No. 28-31 Cicadas Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (391kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy

Abstract

Rumah sakit adalah instalasi yang membantu masyarakat dalam kesehatan. Tidak hanya penyakit fisik yang dialami pasien ketika dirawat di rumah sakit, namun pasien memiliki kondisi psikologis yang perlu dijaga seperti fisik yang perlu disembuhkan. Ibu pada masa kehamilan sampai pada proses persalinan akan muncul kondisi psikologis yang apabila tidak dibantu maka dapat mengalami gangguan mental. Rumah sakit Islam yang menyediakan bimbingan rohani saat ini tidak semuanya memposisikan perawat rohani Islam pada tugas dan fungsinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis bimbingan rohani Islam yang diberikan kerohanian kepada pasien pra melahirkan dan pasca melahirkan dalam menjaga kesehatan mentalnya. Tujuan ini diturunkan dari fokus penelitian mengenai peran kerohanian, proses bimbingan rohani Islam dalam menjaga kesehatan mental pasien pra dan pasca melahirkan serta kondisi pasien ibu setelah diberikan bimbingan. Kondisi psikologis seseorang ketika sakit menurut Arifin (2015:43) mengatakan bahwasannya “Ada 6 kondisi yang biasa dialami yaitu perasaan takut, cemas, menarik diri, egosentris, sensitive dan cenderung emosional. Bimbingan rohani Islam menurut Adz-Dzaky (2001:189) bahwasannya “bimbingan rohani adalah suatu aktivitas memberikan bimbingan, pelajaran dan pedoman kepada pasien supaya mengembangkan potensi akal, kejiwaan, keimanan, keyakinan dan mampu menanggulangi permasalahan yang dihadapi”. Semakin seseorang dibimbing spritualnya maka kondisi mentalnya akan membaik dan menjadi tenang seperti dama Qs. Ar’radu:28. Metode penelitian yang penulis lakukan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data yang digunakan terdapat dua, yaitu sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer diperoleh dari wawancara secara langsung dan data sekunder sebagai pendukung diperoleh dari dokumen dan data lembaga. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan tiga teknik, yaitu observasi, wawancara serta dokumentasi. Hasil penelitian menujukkan bahwa bimbingan rohani Islam di Rumah Sakit Ibu dan Anak Al-Islam memberikan manfaat kepada pasien pra dan pasca melahirkan dalam menjaga kesehatan mental. layanan yang diberikan seperti assesmen spritual pasien, bimbingan spritual pasien dan keluarga, psikospritual end of life, konsultasi keagaaman, pelayanan ruqyah, manajemen nyeri syari’ah, qur’anic healing, fiqih pasien, fiqih wanita, motivasi dan do’a. Semua bimbingan membantu spiritual pasien untuk mengingat dan bertawakal kepada Allah sehingga mental menjadi tenang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Rohani Islam; Kesehatan Mental; Pasien Ibu Melahirkan
Subjects: Applied Psychology > Counseling and Interviewing
Social Welfare, Problems and Services > Marriage Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Sumayyah Syahidatul Ula
Date Deposited: 19 Oct 2020 04:33
Last Modified: 19 Oct 2020 04:33
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/34328

Actions (login required)

View Item View Item