Penerapan strategi poster Session dalam meningkatkan pemahaman siswa pada pembelajaran Fiqih di kelas tinggi : Penelitian tindakan kelas pada siswa kelas V MIS Bangsal Kabupaten Ciamis

Fauziah, Izna (2020) Penerapan strategi poster Session dalam meningkatkan pemahaman siswa pada pembelajaran Fiqih di kelas tinggi : Penelitian tindakan kelas pada siswa kelas V MIS Bangsal Kabupaten Ciamis. Diploma thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (270kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV..pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yang terdapat pada pemahaman siswa dalam pembelajaran Fiqih di kelas V MIS Bangsal Kabupaten Ciamis yang masih kurang dalam standar KKM 65. Dikarenakan Pembelajaran hanya menggunakan metode ceramah (konvesnional) membuat siswa kurang antusias serta membuat siswa kurang interaksi dengan guru dan siswa lainnya. Dalam pembelajaran guru hanya memberikan tugas Hal tersebut menyebabkan pemahaman siswa masih kurang. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kemapuan pemahaman siswa pada pembelajaran Fiqih sebelum menggunakan strategi Poster Session, mengetahui proses pembelajaran dengan menggunakan strategi Poster Session, untuk mengetahui kemampuan pemahaman siswa setelah menggunakan strategi Poster Session. Poster session merupakan strategi pembelajaran aktif dimana siswa dapat menghubungan materi ke dalam bentuk gambar dan tulisan kemudian siswa ditunjuk oleh guru untuk mempresentasikan hasil dari poster tersebut. Penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas, di dalamnya terdiri dari empat tahapan diantaranya perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan selama dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah hasil tes tertulis dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa (1) Kemampuan pemahaman siswa sebelum menggunakan strategi Poster Session masih berada dibawah KKM, dengan rata-rata hasil kemampuan pemahaman sebesar 58 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 30% dengan kategori “Kurang Sekali”. (2) Keterlaksanaan proses pembelajaran dengan menggunakan strategi Poster Session sudah memasuki kriteria “Baik” ditunjukkan dengan peningkatan persentasi aktivitas guru dan siswa yang mengalami peningkatan pada siklus I, Hasil observasi aktivitas siswa mengalami peningkatan mencapai persentasi sebesar 68% dan aktivitas guru mencapai 77%. Sedangkan pada siklus II hasil observasi siswa mencapai persentasi sebesar 86% dan hasil observasi guru mencapai 83%. (3) Hasil kemampuan pemahaman siswa setelah diterapkannya strategi Poster Session mengalami peningkatan dalam setiap siklusnya. Siklus I rata-rata hasil kemapuan pemahaman siswa sebesar 61 dengan persentasi ketuntasan belajar siswa 52,17% dengan kategori “Sangat kurang”. Pada siklus II rata-rata hasil kemampuan pemahaman siswa sebesar 74,5 dengan persentasi ketuntasan belajar 80% “Baik”.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi Poster Session; Kemampuan Pemahaman; Aktivitas; Fiqih
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Izna Fauziah
Date Deposited: 18 Feb 2021 03:30
Last Modified: 18 Feb 2021 03:30
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/34337

Actions (login required)

View Item View Item