Tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap praktik pinjam meminjam uang dengan menggunakan standar harga emas di Desa Ciambar Kecamatan Ciambar Kabupaten Sukabumi

Maulana Yusuf, Rizky (2020) Tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap praktik pinjam meminjam uang dengan menggunakan standar harga emas di Desa Ciambar Kecamatan Ciambar Kabupaten Sukabumi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (455kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (806kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
4_bab1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (662kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (900kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (705kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB) | Request a copy

Abstract

Muamalah adalah kegiatan yang mengatur hal-hal yang berhubungan dengan tata cara hidup sesama manusia untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, seperti jual beli, sewa menyewa, upah mengupah, pinjam meminjam, urusan bercocok tanam,berserikat, dan usaha lainnya. Penelitian ini mengangkat permasalahan mengenai pelaksanaan praktik pinjam meminjam emas diantaranya: Pertama untuk mengetahui konsep pola pelaksanaan praktik pinjam meminjam uang menggunakan standar harga emas di Desa Ciambar Kecamatan Ciambar Kabupaten Sukabumi. Kedua, mengetahui pandangan atau pendapat tokoh Agama setempat mengenai praktik pinjam meminjam uang menggunakan standar harga emas di Desa Ciambar Kecamatan Ciambar Kabupaten Sukabumi. Ketiga, Untuk mengetahui tinjauan Hukum Ekonomi Syariah mengenai pelaksanaan praktik pinjam meminjam uang menggunakan standar harga emas yang ditinjau dengan akad al-Qardh. Praktik Pinjam meminjam uang dengan emas menjadi fenomena baru kebiasaan warga Desa Ciambar Kecamatan Ciambar Kabupaten Sukabumi. Praktik pinjam meminjam uang dengan emas di desa Ciambar adalah nominal yang dipinjam tidak sama dengan nominal saat melunasinya,karena ada penambahan bungga sebesar 5% pada saat melunasinya.Tradisi praktik hutang piutang di desa Ciambar ini sudah termasuk urf .hutang piutang ini merupakan urf fasid karena bertentangan dengan hukum Islam,sebagaimana dalam Qs.al-Baqarah ayat 195” وَلَا تُلْقُوا۟ بِأَيْدِيكُمْ إِلَى ٱلتَّهْلُكَةِ”. Dan janganlah kalian menjerumuskan diri kalian sendiri ke dalam kebinasaan. Tujuan penilitan ini sendiri adalah untuk mengetahui kegiatan praktik pinjam meminjam uang menggunakan standar harga emas di Desa Ciambar Kecamatan Ciambar Kabupaten Sukabumi apakah sudah menurut ajaran syari’at. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode deskriptif analitis dengan pendekatan studi kasus. Data penelitian ini penulis peroleh dari hasil wawancara dan dokumentasi yang penulis lakukan di Desa Ciambar Kecamatan Ciambar Kabupaten Sukabumi secara langsung, serta referensi kepustakaan mengenai Hukum Ekonomi Syari’ah. Untuk mendapat kesimpulan, penulis melakukan analisis isi terhadap data yang ada kemudian disesuaikan dengan teori yang berhubungan atas keadaan yang terjadi dilapangan. Hasil Penelitian ini memiliki kesimpulan bahawa pelaksaan praktik pinjam meminjam uang menggunakan standar harga emas di desa Ciambar Kecamatan Ciambar Kabupaten Sukabumi tidak sesuai dengan ketentuan Hukum Syara, karena di dalam pelaksanaan akad pinjam meminjam ini dilakukan secara tidak tertulis, kemudian adanya penambahan nilai di dalam akad nya sebesar 5% dan tidak adanya saksi ketika pelaksanaan pinjam meminjam tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: pinjam meminjam; qardh; emas
Subjects: Econmics
Econmics > Economic Situation and Conditions
Law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Rizky Maulana Yusuf
Date Deposited: 20 Oct 2020 04:20
Last Modified: 20 Oct 2020 04:20
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/34352

Actions (login required)

View Item View Item