Dakwah dalam pendekatan konsep Ekologi: Studi fenomenologi di pondok pesantren Ath-Thaariq Desa Sukagalih Kelurahan Sukagalih Kecamatan Tarogong Kidul Garut

Fitriani, Vina (2020) Dakwah dalam pendekatan konsep Ekologi: Studi fenomenologi di pondok pesantren Ath-Thaariq Desa Sukagalih Kelurahan Sukagalih Kecamatan Tarogong Kidul Garut. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (320kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_ Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB) | Request a copy

Abstract

Persoalan lingkungan menjadi masalah utama yang sangat perlu diperhatikan. Adanya peran seorang tokoh agama sangat dibutuhkan. Terlebih lagi banyaknya materi dakwah yang hanya membahas tentang asfek ketauhidan saja, sehingga materi mengenai lingkungan hidup terabaikan, serta kurangnya Lembaga pendidikan Islam yang bergerak pada masalah lingkungan, sehingga masyarakat kurang mengetahui tantang urgensi akan pentingnya lingkungan bagi kehidupan yang akan berdampak pada generasi selanjunya. Pesantren Ath-Thaariq - Garut ini merupakan salah satu Lembaga Pendidikan Islam yang berupaya untuk mengenalkan betapa pentingya lingkungan untuk kelangsungan hidup. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa yang melatarbelakangi pesan dakwah ekologi, mengetahui aktivtas dakwah ekologis yang dilakukan pondok pesantren Ath-Thaariq, serta untuk mengetahui bagaimana makna dakwah menurut pesantren Ath-Thaariq. Penelitian ini mengambil teori konsep yang dibangun oleh Alfared Schutz terkait dengan Fenomenologis, yaitu: In Order Motive dan Because Motive. Untuk menjawab temuan masalah dalam penelitian mengenai dakwah melaui pendekatan ekologi yang dilakukan pesantren Ath-Thaariq. Jenis Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil data yang diperoleh peneliti yaitu melalui observasi, wawancara, studi dokumentasi, serta analisis data kualitatif. Hasil penelitian menjelaskan bahwa yang melatarbelakangi pesan dakwah ekologi ath-thaariq yaitu pertama adanya konflik agraria, kedua adanya revolusi hijau, ketiga kurangnya pengetahuan dan pemahaman masyarakat mengenai lingkungan. Aktivitas dakwah ekologis yang dilakukan yaitu: konsep penanaman, pemeliharaan, serta pemanfaatan lingkungan. Upaya dakwah yang dilakukan yaitu memberikan materi dakwah yang berkaitan dengan lingkungan ditengah praktek bercocok tanam, menggunakan metode dakwah fardiyah, keteladan, kerjasama, menerapan maqasidh Syariah dalam memelihara lingkungan, serta pemanfaatan lingkungan dengan memanfaatkan hasil tumbuhan sebagai bahan pokok kehidupan sehari-hari. Makna dakwah ekologis dapat ditinjau dari motive dan tujuan yang diharapkan. Tujuan yang diharapkan yaitu a) Mengharapkan Ridho Allah Allah SWT. b). Menggugah kesadaran Lembaga Pendidikan Islam c). Penguatan ekonomi masyarakat Garut d). Menggugah kesadaran masyarakat akan pentingnya lingkungan. Sedangkan motif yang mendasari yaitu: a). Minimnya tokoh agama yang menyuarakan pesan dakwah mengenai lingkungan. b). Banyaknya umat Islam belum melaksanakan apa yang diperintahkan. c). Rendahnya perekonomian masyarakat sekitar pesantren Ath-Thaariq.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Dakwah; Ekologi; Pesantren;
Subjects: Islam > Da'wah
Social Interaction, Interpersonal Relations > Nonverbal Communication
Factors Affecting Social Behaviour > Human Ecology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Vina Fitriani
Date Deposited: 20 Oct 2020 04:06
Last Modified: 20 Oct 2020 04:09
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/34379

Actions (login required)

View Item View Item