Partisipasi nelayan dalam mengembangkan wisata Pantai Cikembang: Studi pada masyarakat nelayan di Pantai Cikembang Desa Pasirbaru Kecamatan Cisolok Palabuhan Ratu Kabupaten Sukabumi

Hidayat, Ajeng Rohmaniyah (2020) Partisipasi nelayan dalam mengembangkan wisata Pantai Cikembang: Studi pada masyarakat nelayan di Pantai Cikembang Desa Pasirbaru Kecamatan Cisolok Palabuhan Ratu Kabupaten Sukabumi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (365kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (510kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (498kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy

Abstract

Akibat kurangnya pendapatan masyarakat nelayan di Pantai Cikembang, maka masyarakat di Pantai Cikembang Desa Pasirbaru melakukan Partisipasi dalam suatu kegiatan sosial berupa tenaga, harta, dan pikirannya untuk mengembangkan wisata Pantai Cikembang dengan melalui suatu Tindakan Sosial yang dilakukan oleh masyarakat nelayan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Tindakan Rasional Instrumental yang dilakukan oleh masyarakat nelayan dalam mengembangkan wisata di pantai Cikembang Desa Pasirbaru Kecamatan Cisolok Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi. 2) Tindakan Afektif yang dilakukan masyarakat nelayan dalam mengembangkan wisata di pantai Cikembang Desa Pasirbaru Kecamatan Cisolok Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi. Penelitian ini menggunakan Teori Tindakan Sosial dari Max Weber yang membagi empat Tindakan Sosial yaitu Tindakan Rasional Instrumental, Tindakan Rasionalitas berorietasi nilai, Tindakan Afektif dan Tindakan Tradisional. Berdasarkan Teori Tindakan Sosial Max Weber penulis merelevansikan hanya dua Tindakan Sosial yang mempengaruhi partisipasi masyarkat nelayan di pantai Cikembang yaitu Tindakan Rasional Instrumental dan Tindakan Afektif. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumluan data yang diambil yaitu Observasi, Wawancara kepada masyarakat nelayan dan pemerintah desa, dan Kajian Pustaka. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Reduksi Data, Penyajian Data, Verifikasi dan Kesimpulan. Lokasi penelitian yaitu di Pantai Cikembang Desa Pasirbaru Kecamatan Cisolok Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi. Temuan penilitian ini menunjukkan bahwa yang Pertama, penulisi menemukan ada dua pertimbangan yang dilakukan oleh masyarakat nelayan pada tindakan rasional intrumental yaitu pertimbangan pada Sumber Daya Manusia yang tersedia dan Sumber Daya Alam yang dimiliki. Dengan melalui empat cara yaitu bekerjasama dengan pemerintah desa, memberikan peluang kerja, memanfaatkan hasil alam dan penataan sarana dan prasarana. Kedua, yaitu Tindakan Afektif yang dilakukan oleh masyarakat nelayan yaitu tindakan yang dilakukan secara spontan meliputi rasa solidaritas kelompok yang tinggi dan Persaudaraan yang sudah dikonstruk sejak dulu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: partipasi nelaya; wisata;
Subjects: Communities > Community Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Ajeng Rohmaniyah Hidayat
Date Deposited: 26 Oct 2020 03:28
Last Modified: 26 Oct 2020 03:28
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/34399

Actions (login required)

View Item View Item