Dinamika pendidikan pada masyarakat pedesaan: Studi terhadap pendidikan perempuan di Desa Kertasari Kecamatan Pebayuran Kabupaten Bekasi

Wandira, Ayu (2020) Dinamika pendidikan pada masyarakat pedesaan: Studi terhadap pendidikan perempuan di Desa Kertasari Kecamatan Pebayuran Kabupaten Bekasi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (1_COVER)
1_Cover.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text (2_ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (3_DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text (4_BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (241kB) | Preview
[img] Text (5_BAB II)
5_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (788kB) | Request a copy
[img] Text (6_BAB III)
6_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB) | Request a copy
[img] Text (7_BAB IV)
7_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (564kB) | Request a copy
[img] Text (8_BAB V)
8_BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB) | Request a copy
[img] Text (9_DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu proses transpormasi mendasar yang berperan penting dalam pembangunan desa. Pendidikan juga sangat berpengaruh terhadap keadaan lingkungan kehidupan sosial masyarakat itu sendiri yang mana ditandai dengan adanya perubahan sikap, pola pikir, yang dilakukan oleh setiap masyarakat tersebut dalam konstribusi untuk menyejahterakan masyarakat itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Bagaimana model pendidikan yang ada di Desa Kertasari, (2) Bagaimana kegiatan keseharian kaum perempuan dalam aktivitasnya di Desa Kertasari, (3) Bagaimana peresepsi masyarakat terhadap pendidikan di Desa Kertasari (4) Bagaimana pendidikan rendah berdampak terhadap tingkat kesejahteraan perempuan di Desa Kertasari. Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini merujuk pada teori Fungsional Struktur, menekankan tindakan-tindakan yang berulangkali atau baku yang bertahannya suatu sistem sosial dimana tindakan itu berakar dan juga hubungan antara kebudayaan, struktur dan anomi budaya di definisikan sebagai rangkaian nilai normatif teratur yang sama untuk seluruh anggota masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, studi deskriptip, metode ini untuk meneliti pada suatu objek yang alamiah, apa adanya dalam situasi normal yang tidak di manipulasi baik keadaan ataupun kondisinya yang ada di Desa Kertasari. Sumber datanya menggunakan sumber data primer, yaitu masyarakat Desa Kertasari, dan sumber data skunder, yaitu dari buku-buku sosiologi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi di Desa Kertasari, wawancara dilakukan terhadap perempuan di Desa Kertasari dan dokumentasi. Analisis data kualitatif meliputi identifikasi data, verifikasi data, serta pengambilan kesimpulan tentang penjabaran umum kesejahteraan perempuan di Desa kertasari setelah kurangnya pendidikan, dan analisis deskriftif umum untuk mendekati tema permasalahan menegnai kesejahteraan perempuan setelah kurangnya pendidikan. Penelitian ini dilakukan di Desa Kertasari, Kecamatan Pebayuran Kabupaten Bekasi. Hasil penelitian menunjukan masih banyak sekali perempuan yang berpendidikan rendah di Desa Kertasari itu disebabkan oleh faktor ekonomi dan budaya dari masyarakat. Juga masih banyak sekali perempuan di Desa Kertasari yang belum memahami arti penting dari sebuah pendidikan yang mana mengakibatkan persepsi masyarakat menjadi berbeda-beda dalam mebahas sebuah pendidikan untuk anak perempuan, kegiatan dan aktivitas perempuann di Desa kertasari hanya sekedar membantu orang tua nya dirumah karena mereka keterbatasan masalah persyaratan yang hanya di dapatkan pada jalur pendidikan yang hanya di dapatkan dalam menempuh pendidikan formal, sedangkan mereka tidak bisa mendapatkan pendidikan formal dan banyak sekali perempuan di Desa kertasari menajadi menganggur dan tidak dapat bekerja dengan layak, oleh sebab itulah kurangnya pendidikan berdampak kepada pembangunan desa sehingga menghambat kepada tingkat kesejahteraan sosial perempuan di Desa Kertasari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Dinamika pendidikan; masyarakat pedesaan; endidikan perempuan di desa;
Subjects: Education > Sociology of Education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Ayu Wandir
Date Deposited: 21 Oct 2020 07:38
Last Modified: 21 Oct 2020 07:38
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/34405

Actions (login required)

View Item View Item