Sikap Wara’ mahasiswa Tasawuf dan Psikoterapi dalam keseharian di kampus: Studi deskriptif mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung angkatan 2016 kelas C

Nursyaidah, Siti Aminah (2020) Sikap Wara’ mahasiswa Tasawuf dan Psikoterapi dalam keseharian di kampus: Studi deskriptif mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung angkatan 2016 kelas C. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar Isi.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (550kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (783kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB) | Request a copy

Abstract

Di zaman dengan tantangan modernisasi ini sikap ke hati-hatian (wara’ dalam keseharian serta tujuan yang di ridhoi Allah biasanya tidak mudah dilakukan, walaupun bagi seseorang yang telah mendalami ilmunya. Sebagai salahsatu topik dalam Tasawuf, sudah sepatutnya sikap hati-hati (wara’) dapat diimplementasikan, terutama bagi seseorang yang mendalaminya. Penelitian ini mengemukakan bagaimana sisi pemahaman serta sikap wara’ seseorang yang telah mendalami ilmu wara’ dalam keseharian. Di kampus UIN Sunan Gunung Djati Bandung, terdapat didalamnya salahsatu jurusan dengan memperlihatkan sisi Islam yang sesuai dengan kajian ini, jurusan tersebut ialah Tasawuf dan Psikoterapi. Disertai pembelajaran maqamat tasawuf yang salahsatunya adalah wara’. Namun atas dasar hal tersebut sangatlah sulit capaian seseorang untuk dapat melakukan sikap wara’, karena implementasinya dianggap sulit. Dengan metode kualitatif serta pengolahaan secara analisis deskriptif, penelitian ini dapat mengetahui bagaimana pemahaman mahasiswa yang telah melewati beberapa semester (angkatan 2016) dalam kajian maqam wara’, serta untuk mengetahui bagaimana sikap mahasiswa atau istilah lain secara kognitif, afektif dan psikomotor yang mencerminkan sikap wara’, serta dikaji dan dituangkan berupa analisis data. Berdasarkan dari fokus masalah yang dikaji, ditemukan bahwa dari 5 subjek penelitian memahami wara’ adalah kehati-hatian dan menghindari hal syubhat, dan salahsatunya memahami bukan hanya syubhat namun juga termasuk makruh dan mubah. 2 dari 5 subjek penelitian mengerti bahwa melakukan sesuatu yang belum jelas atau menggunakan sesuatu yang belum jelas adalah tindakan tidak wara’, namun dalam batasan fasilitas kampus, penggunaan yang tidak sesuaipun bukan sebagai tindakan tidak wara’. Anggapan bahwa segala hal yang ada di kampus termasuk didalamnya tumbuhan adalah boleh untuk dipergunakan dan bukan sebagai kategori yang meragukan. Karena pemahaman akan hal syubhat berbeda ada tiap subjek. Samahalnya dari segi psikomotrik (yang dilakukan). Namun menyangkun afektif atau perasaan semua subjek merasakan tidak benar ketika melakukan hal yang Allah tidak sukai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Wara’; Sikap; Kognitif; Afektif; Psikomotorik.
Subjects: Islam > Sufism
Islam > Sufi Orders
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Siti aminah nursyaidah sitam
Date Deposited: 27 Oct 2020 06:14
Last Modified: 27 Oct 2020 06:14
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/34441

Actions (login required)

View Item View Item