Pelayanan sosial Gereja Bala Keselamatan Kota Bandung : Studi deskriptif pelayanan sosial di kantor Pusat Bala Keselamatan Indonesia di Kota Bandung

Fatimah, Windi (2020) Pelayanan sosial Gereja Bala Keselamatan Kota Bandung : Studi deskriptif pelayanan sosial di kantor Pusat Bala Keselamatan Indonesia di Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (221kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB) | Request a copy

Abstract

Bala Keselamatan merupakan salah satu aliran Gereja Protestan yang ada di Indonesia, berpusat di London, Inggris. Organisasi ini memiliki karakteristik unik yaitu pelayanan di berbagai bidang, yaitu pelayanan kerohanian, sosial, pendidikan dan kesehatan. Dalam penelitian ini penulis akan membahas mengenai pelayanan sosial Gereja Bala Keselamatan khususnya yang ada di Kota Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuilatar historisGereja Bala Keselamatan Kota Bandung,pelayanan sosial Gereja Bala Keselamatan, dan efektifitas pelayanan sosial Gereja Bala Keselamatan Kota Bandung dalam meningkatkan keimanan jemaatnya. Jenis penelitian yang dipakai adalah kualitatif dengan teori fungsi agama dalam masyarakat dari Elizabeth K. Nottingham. Terutama mengenai fungsi agama, yaitu fungsi lembaga keagamaan yang tumbuh dan berkembang hingga saat ini. Penggunaan teori ini, juga karena dipandang tepat untuk mengkaji pelayanan sosial yang dilakukan Gereja Bala Keselamatan di Kota Bandung, sesuai topik penelitian. Sedangkan metode yang digunakan adalah Grounded Research, sehingga diperoleh dua sumber data, yaitu sumber data primer dan sekunder.Sementara teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data digunakan reduksi, penyajian, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa: Pertama, secara historis Bala Keselamatan merupakan suatu organisasi misi Kristen yang bermula di London, Inggris. Bala Keselamatan hadir untuk memperbaharui tatanan kehidupan masyarakat London ke jalan Tuhan.Kedua, Pelayanan sosial Gereja Bala Keselamatan di kota Bandung, meliputi: Panti Asuhan Anak, Panti Wreda Lansia dan pelayanan kemayarakatan yang disebut ‘Aksi Peduli Sesama’. Ketiga, efektifitas pelayanan sosial terhadap keimanan para penerima pelayanan, yaitu: anak-anak dan lansia di panti menjadi semakin baik kehidupan rohaninya. Hal itu tidak lepas dari kegiatan gereja dan kegiatan di panti lainnya yang mereka ikuti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Sosial; Gereja; Bala Keselamatan; Masyarakat Kota Bandung
Subjects: Christianity
Church History
Protestant Denominations of Continental Origin
Communities > Community Sociology
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi, Studi Agama Agama
Depositing User: Windi Fatimah
Date Deposited: 27 Oct 2020 06:20
Last Modified: 27 Oct 2020 06:20
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/34493

Actions (login required)

View Item View Item