Nurcahyani, Ayu (2020) Aktivitas siswa dalam mengikuti kegiatan Tadarus Al Qur’an hubungannya dengan akhlak mereka di sekolah : Penelitian dilaksanakan pada peserta didik kelas IX SMPN 1 Cileunyi. Diploma thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (298kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (427kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (428kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (322kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (547kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (492kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (522kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (282kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (381kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya masalah, yakni terjadinya kesenjangan antara kondisi yang diharapkan dengan realitas yang ada. yaitu berdasarkan studi pendahuluan aktivitas siswa mengikuti kegiatan tadarus Al Qur’an relatif baik namun disi lain akhlak siswa di sekolah sebagian masih menunjukkan akhlak yang kurang baik seperti, mengabaikan teguran guru, berbicara tidak sopan, membuang sampah sembarangan dan sebagainya. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk meneliti hal tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Realitas aktivitas siswa mengikuti kegiatan tadarus Al Qur’an, 2) Realitas akhlak siswa di sekolah, dan 3) Hubungan antara aktivitas siswa mengikuti kegiatan tadarus Al Qur’an dengan akhlak mereka di sekolah. Bertitik tolak pada sebuah pemikiran bahwa akhlak siswa di sekolah salah satunya dapat dipengaruhi oleh kegiatan tadarus Al Qur’an yang dilaksankan di sekolah. Hipotesis pada penelitian ini yaitu semakin tinggi aktivitas siswa mengikuti kegiatan tadarus Al Qur’an, maka semakin baik pula akhlak mereka di sekolah. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian kuantitatif dengan metode yang digunakan adalah metode deskriptif-korelasional. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan studi kepustakaan dengan sampel sebanyak 72 siswa kelas IX SMPN 1 Cileunyi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis parsial dan analisis korelasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Aktivitas siswa dalam mengikuti kegiatan tadarus Al Qur’an dalam kategori baik dengan skor rata-rata 4,13. Nilai tersebut berada pada interval 3,50 - 4,50 dan 2). Akhlak siswa di sekolah pun termasuk dalam kategori baik dengan skor rata-rata 4,34. Nilai tersebut berada pada interval 3,50 - 4,50 3). Hubungan aktivitas siswa mengikuti kegiatan tadarus Al Qur’an dengan akhlak mereka di sekolah memiliki koefisien korelasi 0,48 dan berada pada interval 0,41 – 0,70 artinya korelasinya sedang. Adapun hasil uji pengaruh, hipotesis menunjukkan bahwa thitung < t tabel yakni thitung (4,61) < ttabel (66,5) dengan demikian hipotesis alternatif (Ha) ditolak. Artinya tidak ada hubungan antara aktivitas siswa dalam mengikuti kegiatan tadarus Al Qur’an dengan akhlak mereka di sekolah. Begitupun kadar pengaruh korelasinya diperoleh hasil 13% menunjukkan bahwa terdapat pengaruh walaupun dalam tingkatan rendah, hal ini menandakan bahwa masih terdapat 87% faktor lain yang dapat mempengaruhi terbentuknya akhlak siswa di sekolah. Kata Kunci: Aktivitas, Tadarus Al Qur’an, Akhlak Siswa
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aktivitas; Tadarus Al Qur’an; Akhlak Siswa; |
Subjects: | Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ayu Nurcahyani |
Date Deposited: | 03 Nov 2020 04:14 |
Last Modified: | 03 Nov 2020 04:14 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/34567 |
Actions (login required)
View Item |