Kampanye Public Relations mengenai pencegahan Covid-19 oleh pemerintah Kota Bekasi : Studi deskriptif pada pemerintah Kota Bekasi dalam upaya memberikan informasi mengenai pencegahan Covid-19 di Kota Bekasi

Putri, Regita Pratami (2020) Kampanye Public Relations mengenai pencegahan Covid-19 oleh pemerintah Kota Bekasi : Studi deskriptif pada pemerintah Kota Bekasi dalam upaya memberikan informasi mengenai pencegahan Covid-19 di Kota Bekasi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (253kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (770kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy

Abstract

Corona Virus Disease-2019 atau yang biasa dikenal Covid-19 adalah penyakit peradangan paru. Hingga saat ini, belum adanya vaksin maupun pengobatan khusus untuk penderita yang terinfeksi virus corona. Saat ini Kota Bekasi merupakan salah satu Kota yang masuk wilayah zona merah dalam penyebaran virus corona. Humas Kota Bekasi bertugas sebagai representatif Pemerintah Kota Bekasi dalam memberikan informasi kepada khalayak luas bekerjasama dengan beberapa Kedinasan lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses kegiatan Kampanye Pencegahan Covid-19 yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Bekasi. Penelitian ini menggunakan konsep kampanye dari Leond Ostergaard yang merupakan sebuah pemikiran mengenai perubahan sosial. Paradigma yang digunakan adalah konstruktivisme yang bertujuan untuk memaknai informasi yang diberikan oleh informan. Pendekatan yang digunakan adalah interpretatif dengan menggunakan metode penelitian studi deskriptif dimana dalam penelitian ini peneliti bertujuan untuk memahami, menggambarkan, dan mendeskripsikan dalam bentuk kata-kata mengenai proses dan tahapan kampanye Public Relations pencegahan Covid-19 yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Bekasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi dan wawancara mendalam dengan pihak yang terlibat dalam kegiatan kampanye. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kampanye Public Relations mengenai Pencegahan Covid-19 yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Bekasi diawali dengan tahap pertama, melakukan pencarian fakta dengan beberapa metode melalui kegiatan monitoring media untuk mengamati kondisi masyarakat, melalui kegiatan sosialisasi langsung untuk mengamati sikap dan perilaku masyarakat, dan melalui laporan pengaduan dari masyarakat untuk mengamati opini publik. Tahap kedua, melakukan perancangan kegiatan kampanye dengan menetapkan tujuan kampanye, merancang pesan kampanye, memilih saluran kampanye, dan menentukan pelaku kampanye. Tahap ketiga, melakukan pelaksanaan kegiatan kampanye, meliputi pelaksanaan melalui media dan pelaksanaan melalui tatap muka. Tahap keempat, melakukan evaluasi kegiatan kampanye, melalui monitoring media dan melalui pengelolaan Press Release. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Pemerintah Kota Bekasi dinilai telah berhasil dalam melakukan kampanye Public Relations mengenai pencegahan Covid-19 di karenakan adanya penurunan jumlah pasien yang terinfeksi Covid-19 di Kota Bekasi, hal tersebut terjadi karena humas Pemerintah Kota Bekasi telah melakukan kegiatan kampanye melalui beberapa tahapan seperti pencarian fakta, perancangan kegiatan, pelaksanaan kegiatan, dan evaluasi kegiatan sesuai dengan konsep kampanye dari Leond Ostergaard.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kampanye Public Relations; Covid-19
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Political Process > Campaigns for Nominations
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Regita Pratami Putri
Date Deposited: 03 Nov 2020 08:25
Last Modified: 03 Nov 2020 08:25
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/34618

Actions (login required)

View Item View Item