Kampanye Public Relations dalam mensosialisasikan QRCode Indonesia Standard (QRIS): Studi deskriptif pada Bank Indonesia kantor perwakilan Provinsi Jawa Barat

Amalia, Via (2020) Kampanye Public Relations dalam mensosialisasikan QRCode Indonesia Standard (QRIS): Studi deskriptif pada Bank Indonesia kantor perwakilan Provinsi Jawa Barat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (446kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (519kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB) | Request a copy

Abstract

Bank Indonesia Kantor Perwakilan Provinsi Jawa Barat merupakan kantor perwakilan dari Bank Indonesia sebagai Bank Central Republik Indonesia yang berada pada wilayah kerja provinsi Jawa Barat. Penelitian ini mengkaji bagaimana Bank Indonesia Kantor Perwakilan Provinsi Jawa Barat melakukan kegiatan kampanye public relations dalam mensosialisasikan QRCode Indonesia Standard. Program QRCode Indonesia Standard ini ialah sebuah program baru yang diinisasi oleh Bank Indonesia bekerjasama dengan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) yang baru di launching pada tanggal 17 Agustus 2019 lalu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana gambaran kegiatan Humas Bank Indonesia Kantor Perwakilan Provinsi Jawa Barat dalam melaksanakan kegiatan kampanye public relations dalam mensosialisasikan QRCode Indonesia Standard dalam upaya memberikan informasi dan juga mengedukasi masyarakat khususnya di wilayah Jawa Barat mengenai QRCode Indonesia Standard sebagai bentuk transformasi digital yang dibuat oleh Bank Indonesia dalam kegiatan transaksi pembayaran secara non tunai. Model yang digunakan dalam penelitian ini ialah model kampanye ostergaad. Model ini dipilih karena mampu menjabarkan keseluruhan proses dalam pengelolaan kegiatan kampanye dimulai dari identifikasi awal, perencanaan, pengemasan pesan hingga proses evaluasi. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini ialah paradigma kontruktivistime dan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode penelitian studi deskriptif, karena peniliti ingin mengetahui dan mendeskripsikan bagimana proses kegiatan kampanye dan mengapa kegiatan kampanye public relations ini dilaksanakan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik wawancara mendalam dan observasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa proses dalam melaksanakan kegiatan kampanye public relations dimulai dengan tahapan perencanaan melalui identifikasi awal, pengumpulan data, dan menyusun tujuan yang ingin dicapai, lalu tahapan pelaksanaan berupa proses penentuan komunikator sebagai penyampai pesan kampanye, dengan memanfaatkan media yang ada. Tahapan terakhir yaitu penilaian keberhasilan kegiatan kampanye public relations yang dilakukan melalui penyebaran informasi kepada masyarakat dan juga evaluasi kegiatan kampanye yang dilakukan oleh Humas Bank Indonesia Kantor Perwakilan Provinsi Jawa Barat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kampanye Public Relations; QrCode Indonesia Standard )QRIS)
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Via Amalia
Date Deposited: 03 Nov 2020 08:25
Last Modified: 03 Nov 2020 08:25
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/34619

Actions (login required)

View Item View Item