Tinjauan Hukum Islam tentang Uang Panai' dalam perkawinan adat Suku Bugis: Kampung Siang Kabupaten Pangkep Sulawesi Selatan

Asfahany, Dwi Faraby (2020) Tinjauan Hukum Islam tentang Uang Panai' dalam perkawinan adat Suku Bugis: Kampung Siang Kabupaten Pangkep Sulawesi Selatan. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak (2).pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (369kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB) | Request a copy

Abstract

Hukum Islam mengatakan dalam Alqur’an surah An-Nisaa ayat 4 yang maksudnya bahwa dalam sebuah perkawinan pemberian yang wajib kepada calon mempelai wanita dari calon mempelai pria hanyalah mahar. Sedangkan dalam perkawinan adat suku Bugis di Kampung Siang, seorang laki-laki yang akan menikahi wanita keturunan Bugis, tidak hanya diwajibkan memberikan mahar saja, tetapi diwajibkannya juga untuk memberikan uang panai’ kepada keluarga wanita yang ingin dia nikahi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: a.latarbelakang terjadinya uang panai’ dalam perkawinan adat suku Bugis di Kampung Siang Kabupaten Pangkep Sulawesi Selatan, b.apa faktor penyebab tingginya uang panai’ dalam perkawinan adat suku Bugis di Kampung Siang Kabupaten Pangkep Sulawesi Selatan, c.tinjauan hukum Islam tentang uang panai’ dalam perkawinanadat suku Bugis di Kampung Siang Kabupaten Pangkep Sulawesi selatan. Dasar pemikiran dalam penelitian ini adalah kandungan Qs.An-Nisaa ayat 4 yang mengatakan bahwa “berikanlah maskawin (mahar) kepada wanita yang ingin kamu nikahi sebagai pemberian penuh kerelaan”. Dan teori Al-‘Urf dalam Islam yang mengkategorikan Al-‘Urf menjadi dua, yaitu ‘urf sohih dan ‘urf fasid. Adapun ‘urf yang dapat dijadikan sebagai landasan hokum adalah ‘urf sohih. Metode yang digunakan oleh peneliti ialah deskriptif, metode deskriptif merupakan suatu metode dalam meneliti status kelompok, manusia, suatu objek, suatu set kondisi, suatu system pemikiran ataupun suatu kelas peristiwa pada masa sekarang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: a) hal yang melatar belakangi terjadinya uang panai’ dalam perkawinan adat suku Bugis, ialah keluarga karaeng sangat di hormati oleh masyarakat biasa, ketika anak wanitanya ada yang melamar, mereka memberikan syarat yaitu adanya pemberian uang panai’, sehingga masyarakat biasa menjadikan perkawinan yang di lakukan oleh keluarga karaeng menjadi rujukan dalam melangsungkan perkawinan. b)faktor penyebab tingginya uang panai’ dalam perkawinan adat suku Bugis ialah dilihat dari garis keturunan wanita, pendidikan, pekerjaan, status ekonomi, harga makanan, adanya gengsi dan kondisi fisik wanita. c) tinjauan hukum Islam tentang uang panai’ dalam perkawinan adat suku Bugis ialah hukumnya mubah karena sesuai qoidah fiqih al-‘Adatu Muhakkamah yang berarti adat yang menjadi suatu hukum tersebut sesuai dengan syariat Islam. Pemberian uang panai’ dalam perkawinan termaksud kedalam ‘urf shohih karena dilihat dari segi fungsionalnya uang panai’ untuk membiayai pesta perkawinanuang panai’ digunakan untuk biaya walimah. Jadi boleh dilakukan karena tidak ada dalil di dalam nash yang melarangnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Hukum Islam; Perkawinan; Uang Panai'; Adat
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Hukum Keluarga dan Hukum Perkawinan, Pernikahan menurut Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Prgram Studi Al-Ahwal Al-Syakhshiyah
Depositing User: Dwi Faraby Asfahany
Date Deposited: 05 Nov 2020 09:28
Last Modified: 05 Nov 2020 09:28
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/34677

Actions (login required)

View Item View Item