Dampak fenomena Foodstagramming pada perilaku konsumtif mahasiswa : Penelitian tentang perilaku konsumtif mahasiswa jurusan Sosiologi yang aktif menggunakan Instagram angkatan 2017 UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Vacalia, Marta (2020) Dampak fenomena Foodstagramming pada perilaku konsumtif mahasiswa : Penelitian tentang perilaku konsumtif mahasiswa jurusan Sosiologi yang aktif menggunakan Instagram angkatan 2017 UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (222kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB) | Request a copy

Abstract

Aplikasi Instagram sangat berperan penting dalam membentuk trend saat ini, salah satunya adalah Foodstagramming. Setelah munculnya trend ini, banyak mahasiswa sosiologi angkatan 2017 UIN Sunan Gunung Djati Bandung mengikuti trend ini. Hal yang mereka lakukan selain menikmati hidangan yaitu mengabadikan makanan tersebut dan tempat yang mereka datangi ke media sosial Instagram. Trend ini mengakibatkan terjadinya perubahan pandang terhadap budaya makan. Makanan yang tadinya berguna untuk memenuhi kebutuhan biologis, kini berubah menjadi sebuah konsumsi tanda sosial yang ingin diperlihatkan kepada publik. Trend tersebut cenderung mendorong seseorang untuk berperilaku konsumtif, karena mereka harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk mengikutinya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui perilaku konsumtif mahasiswa Sosiologi pengguna Instagram angkatan 2017 UIN Sunan Gunung Djati Bandung, trend Foodstagramming dikalangan mahasiswa jurusan Sosiologi angkatan 2017 UIN Sunan Gunung Djati Bandung, serta dampak trend Foodstagramming pada perilaku konsumtif mahasiswa jurusan Sosiologi angkatan 2017 UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori masyarakat konsumtif Jean Baudrillard. Perilaku konsumtif bukan hanya pola konsumsi membeli atau menikmati suatu nilai barang atau jasa karena substansinya, melainkan lebih mengarah pada mengkonsumsi tanda-tanda sosial berupa prestise, status atau identitas yang dihadirkan dari suatu barang atau jasa tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data primer terdiri dari mahasiswa sosiologi angkatan 2017 UIN Sunan Gunung Djati Bandung sebanyak 15 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara terbuka dan dokumentasi. Teknis analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Lokasi penelitian dilakukan di UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Hasil penelitian menunjukan bahwa mahasiswa Sosiologi Angkatan 2017 UIN Bandung menggunakan Instagram sebagai referensi gaya berpakaian agar status atau identitas mereka dikenal dengan mahasiswa yang selalu mengikuti trend dan mereka membeli karena tertarik dengan konformitas iklan yang memaparkan prestise-prestise yang akan didapat oleh orang yang memiliki barang tersebut. Penelitian ini juga menunjukan bahwa Foodstagramming telah memunculkan tanda sosial berupa harga diri dan aktualisasi diri yang menunjukan gaya hidup modern mereka. Foodstagramming memunculkan dampak positif yaitu adanya peluang usaha makanan melalui media sosial yang bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa dan dampak negatif yaitu dapat meningkatnya eksistensi diri yang tingi dan pemborosan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: foodstagramming; mahasiswa; perilaku konsumtif;
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Participation
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Marta Vacalia
Date Deposited: 05 Nov 2020 01:06
Last Modified: 05 Nov 2020 01:06
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/34679

Actions (login required)

View Item View Item