Bimbingan keagamaan untuk meningkatkan kesadaran beribadah pada lansia: Studi deskriptif di Panti Jompo Muhammadiyah Rancabolang Jl. Gedebage Selatan No. 14 Rancabolang Kec. Gedebage Kota Bandung Jawa Barat

Lutfiah, Siti (2020) Bimbingan keagamaan untuk meningkatkan kesadaran beribadah pada lansia: Studi deskriptif di Panti Jompo Muhammadiyah Rancabolang Jl. Gedebage Selatan No. 14 Rancabolang Kec. Gedebage Kota Bandung Jawa Barat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (521kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (653kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAK1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB) | Request a copy

Abstract

Bimbingan Keagamaan merupakan sebuah usaha yang dilakukan oleh Pimpinan Panti Jompo Muhammadiyah Rancabolang, agar para lansia di panti jompo dapat menjalankan kehidupan di sisa usianya dengan penuh manfaat sehingga mendapat kebahagiaan dunia dan akhirat, adapun lansia yang berada di panti jompo dilatar belakangi dengan berbagai alasan diantaranya lansia kurang memahami ilmu agama, banyak lansia yang kurang kesadarannya dalam beribadah, sehingga dengan adanya bimbingan keagamaan dapat memberikan perubahan dan kesadaran lansia untuk beribadah menjadi jauh lebih baik dari sebelumnya. Penelitian ini bertujuan yaitu: 1) untuk mengetahui kesadaran melaksanakan ibadah lansia di Panti Jompo Muhammadiyah Rancabolang 2) untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan keagamaan terhadap peningkatan kesadaran beribadah lansia di Panti Jompo Muhammadiyah Rancabolang 3) untuk mengetahui hasil bimbingan keagamaan terhadap peningkatan kesadaran ibadah lansia di Panti Jompo Muhammadiyah Rancabolang. Penelitian ini bertolak dari Teori keagamaan Glock dan Stark bahwa dengan berbagai aktivitas keagamaan maka dapat mengukur religiusitas seseorang berdasarkan 5 dimensi keagamaan 1) Dimensi ideologis 2) Dimensi ritual 3) Dimensi konsekuensial 4) Dimensi eksperensial 5) Dimensi intelektual Metode yang digunakan dalam penelitian ini kualitatif deskriptif yaitu penulis bermaksud mengungkapkan proses bimbingan keagamaan untuk meningkatkan kesadaran beribadah pada lansia dengan pengumpulan data berupa observasi, wawancara langsung dengan pembimbing dan terbimbing, pengasuh dan pemilik panti jompo muhammadiyah rancabolang serta studi kepustakaan Hasil penelitian ini menunjukan bahwa bimbingan keagamaan untuk meningkatkan kesadaran beribadah pada lansia yaitu: 1) Kesadaran pelaksanaan ibadah lansia di panti jompo muhammadiyah rancabolang. Sebelum adanya bimbingan keagamaan di panti jompo muhammadiyah kesadaran lansia dalam melaksanakan ibadah sangat kurang, bahkan dari 36 lansia ada 8 lansia yang masih sangat kurang mengetahui akan pemahamaan ilmu agama islam 2) Bimbingan keagamaan di panti jompo muhammadiyah dilaksanakan setiap Hari selasa, kamis dan minggu mulai pukul 12:30 s/d 14:00 setiap jadwal hari yang ditentukan dengan pembimbing yang berbeda, diantaranya pembimbing yang bertugas memberikan ceramah dan pembimbing yang memberikan pembelajaran ilmu al-qur’an kepada para lansia 3) Hasil bimbingan keagamaan di panti jompo muhammadiyah rancabolang cukup mengalamai peningkatan yang signifikan dari hasil wawancara serta pengamatan peneliti bahwasannya lansia yang awal mulanya tidak bisa apa-apa menjadi bisa yang tidak terbiasa menjadi terbiasa untuk selalu mengikuti kegiatan keagamaan yang di laksanakan di Panti Jompo Muhammadiyah Rancabolang. Kata Kunci : Bimbingan keagamaan, meningkatkan ksadaran ibadah, lansia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan keagamaan; meningkatkan ksadaran ibadah; lansia;
Subjects: Christianity > Education, Research
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Siti Lutfiah
Date Deposited: 05 Nov 2020 00:37
Last Modified: 05 Nov 2020 00:37
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/34685

Actions (login required)

View Item View Item