Yuniarti, Yuniarti (2020) Tanggapan siswa kelas x terhadap pembelajaran berbasis web Quizizz pada mata pelajaran PAI materi membiasakan kejujuran dalam kehidupan hubungannya dengan motivasi belajar mereka di SMAN 01 Cibarusah. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (67kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (37kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (330kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (275kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (803kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (480kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (640kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (188kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (150kB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan studi pendahuluan ada salah satu guru PAI yang telah menggunakan web quizizz. Hal ini dilakukan untuk membantu proses pembelajaran PAI. Namun ia belum mengetahui tanggapan dari peserta didik mengenai penggunaan web quizizz tersebut dan bagaimana hubungan pembelajaran web tersebut terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PAI. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Tanggapan siswa kelas X SMAN 01 Cibarusah terhadap penggunaan web quizizz dalam mata pelajaran PAI, 2) Motivasi siswa kelas X SMAN 01 Cibarusah dalam mata pelajaran PAI dengan menggunakan web quizizz, dan 3) Hubungan antara tanggapan siswa kelas X SMAN 01 Cibarusah terhadap penggunaan web quizizz dalam mata pelajaran PAI dengan motivasi belajar siswa. Reaksi yang muncul dalam proses pengamatan yang biasanya ditunjukan dalam bentuk sikap atau perilaku siswa terhadap gurunya. Hal tersebut bisa berupa tanggapan positif atau negatif dan biasanya setiap peserta didik memiliki tanggapan yang berbeda-beda. Salah satu faktor yang mempengaruhi motivasi adalah faktor kemampuan siswa, kondisi siswa, lingkunga siswa, dan upaya guru dalam membelajarkan siswa. Dalam penelitian ini peneliti mengamati bagaimana hubungan web quizizz terhadap motivasi belajar mereka dari tanggapan (respon). Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan metode asosiatif korelasi. Responden 51 orang siswa 2 Kelas X MIPA dan IPS SMAN 01 Cibarusah. Alat Pengumpulan data: Observasi, wawancara, studi pustaka, dan angket. Dan analisis data penelitian menggunakan analisis data kuantitatif melalui pendekatan statistik dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Tanggapan siswa terhadap penerapan pembelajaran berbasis web quizizz berkategori tinggi berdasarkan skor rata-rata angket 3,52 yang berada pada interval 3,40-4,19. 2) Motivasi belajar siswa mata pelajaran PAI dengan berkategori sedang berdasarkan skor rata-rata angket 3,31 yang berada pada interval 2,60-3,39. 3) Hubungan tanggapan siswa terhadap penerapan pembelajaran berbasis web quizizz dengan motivasi belajar siswa mata pelajaran PAI SMAN 01 Cibarusah berkategori sangat rendah dengan koefisien korelasi 0,011. Derajat pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 1%, sedangkan 99% lainnya dipengaruhi faktor yang lain. Kata Kunci: Pembelajaran Web Quizizz, PAI, Motivasi Belajar
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Quizizz; Pendidikan Agama Islam; Motivasi Belajar; |
Subjects: | Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Yuniarti Yuniarti |
Date Deposited: | 06 Nov 2020 00:28 |
Last Modified: | 06 Nov 2020 00:28 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/34705 |
Actions (login required)
View Item |