Ekspresi keberagamaan para pelaku tradisi sedekah laut di pantai Teluk Penyu Kecamatan Cilacap Selatan Kabupaten Cilacap Jawa Tengah

Harbangkara, Reval Meyhendra (2020) Ekspresi keberagamaan para pelaku tradisi sedekah laut di pantai Teluk Penyu Kecamatan Cilacap Selatan Kabupaten Cilacap Jawa Tengah. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (364kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (634kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB) | Request a copy

Abstract

Kabupaten Cilacap Jawa Tengah Skripsi ini membahas tentang ekspresi keagamaan yang dialami dan dirasakan oleh para nelayan dan masyrakat sekitar pantai Teluk Penyu Cilacap ketika mereka ikut melaksanakan acara tradisi tersebut yang berlangsung pada tanggal 1 Syuro penanggalan Jawa. Penelitian ini juga bertujuan untuk lebih mengetahui tentang bagaimana sikap beragama masyarakat sekitar terhadap tradisi tersebut dan ambiguitas beragama yang mereka rasakan ketika melaksanakan tradisi tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan jenis pengumpulan data kualitatif dengan pendekatan etnografi. Metode etnografi ini merupakan jenis penelitian yang diterapkan untuk mengungkap makna sosio-kultural dengan cara mempelajari keseharian pola hidup dan interaksi kelompok sosio-kultural tertentu dalam konteks yang spesifik disajikan dalam bentuk deskriptif. Sedangkan observasi yang digunakan adalah observasi partisipasi yaitu peneliti terlibat langsung di dalam kegiatan. Adapun sampel penelitian terdiri dari ketua nelayan Pandanaran yang ada di Pantai Teluk Penyu Cilacap dan masyarakat atau nelayan yang ada di sekitar. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kondisi objektif masyarakat sekitar dilihat dari sejarah masyarakat menempati tempat tinggal di pantai teluk penyu. Kemudian kondisi demograsi masyarakat sekitar mayoritas bekerja sebagai nelayan, namun ada juga yang bekerja di instansi pemerintahan dan di industri-industri yang ada di Cilacap. Sosial keagamaan masyarakat sekitar sangat kental dengan budaya gotong royong dan menghargai kearifan lokal. Tahap prosesi sedekah laut diawali dari persiapan, lalu kemudian melarungkan sesaji di tengah laut. Adapun korelasi teologi dengan tradisi sedekah laut menggunakan pandangan dari teori Joachim Wach yaitu ekspresi dalam bentuk pemikiran, perilaku dan persekutuan. Sikap keberagamaan masyarakat sekitar ketika melaksanakan tradisi tersebut pada perilaku dapat memunculkan suatu ke taatan terhadap agama mereka dan menganggap tradisi tersebut perlu dilestarikan dan dijaga. Karakteristik yang mempengaruhi sikap keberagamaan dimulai dari masa anak-anak, remaja, dan dewasa yang semuanya memiliki perbedaan dalam memunculkan sikap beragama. Ekspresi keberagamaan masyrakat sekitar ketika melaksanakan tradisi tersebut dilihat dari tiga bentuk ekspresi, yaitu dalam bentuk pemikiran mereka mendapat dogma-dogma dari nenek moyang mereka bahwa melaksanakan tradisi tersebut dapat memberikan keselamatan dan melimpahnya hasil tangkapan. Dalam bentuk perbuatan mereka mempraktekan tradisi tersebut setiap tahunnya. Dan dalam bentuk persekutuan yaitu mereka memiliki wadah kelompok nelayan sebagai tempat untuk merealisasikan ekspresi dalam bentuk pemikiran dan perilaku.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: ekspresi keberagamaan; pelaku tradisi; komunitas
Subjects: Psychology > Miscellany of Psychology
Differential and Developmental Psychology
Religious Mythology
Doctrines of Religions
Islam > Rites, Prayer
Sociology and Anthropology, Society
Culture and Institutions
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi, Studi Agama Agama
Depositing User: Reval Meyhendra
Date Deposited: 06 Nov 2020 02:34
Last Modified: 06 Nov 2020 02:34
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/34716

Actions (login required)

View Item View Item