Efektivitas ekstrak Chlorella Vulgaris dalam menghambat tumor Epitelium pada Drosophila Melanogaster yang diinduksi Doxorubicin

Nurgianti, Sannia Dwi (2020) Efektivitas ekstrak Chlorella Vulgaris dalam menghambat tumor Epitelium pada Drosophila Melanogaster yang diinduksi Doxorubicin. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (127kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (593kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB) | Request a copy

Abstract

Tumor epitelium merupakan penyakit yang ditandai dengan adanya pertumbuhan jaringan epitel yang tak terkendali. Potensi dari antioksidan diasumsikan dapat mencegah timbulnya tumor epitelium. Senyawa antioksidan alami dilaporkan terdapat pada beberapa mikroalga salah satunya adalah Chlorella vulgaris. Tujuan dari penelitian ini yaitu: untuk mengetahui 1) kekuatan antioksidan dan kandungan fenolat total pada ekstrak mikroalga C. vulgaris, 2) pengaruh ekstrak mikroalga C. vulgaris terhadap pertumbuhan nodul tumor, dan 3) pengaruh ekstrak mikroalga C. vulgaris terhadap tingkat kelulusan hidup Drosophila melanogaster yang terkena tumor epitelium yang diinduksi oleh doxorubicin. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental yang menggunakan rancangan acak lengkap dengan empat perlakuan dan empat ulangan, yaitu kontrol/tanpa perlakuan (P0), perlakuan doxorubicin 0,4mM (P1), perlakuan ekstrak mikroalga C. vulgaris 1 mg/ml (P2), dan perlakuan doxorubicin 0,4mM + ekstrak mikroalga C. vulgaris 1 mg/ml (P3). Hasil dari pengujian aktivitas antioksidan ekstrak C. vulgaris didapatkan IC50 sebesar 68,90 µg/mL yang termasuk dalam kategori kuat dan kadar fenolat total sebesar 132,71 GAE g ekstrak. Dari hasil uji U-Mann Whitney pada jumlah tumor epitelium menunjukan hasil yang tidak berbeda nyata pada semua posisi dengan nilai signifikan α= ≤ 0.05 dan hasil diameter tumor epitelium menunjukan hasil yang berbeda nyata pada posisi kepala, toraks, abdomen dan kaki dengan nilai signifikan α= ≤ 0.05. Diketahui terdapat perbedaan hasil diameter antara pemberian doxorubicin dengan pemberian ekstrak C. vulgaris + doxorubicin. Ekstrak C. vulgaris mempengaruhi tingkat kelulusan hidup pada D. melanogaster yang diinduksi doxorubicin. Perlakuan dengan ekstrak C. vulgaris memiliki presentase kelulusan hidup yang baik dengan persentase >80%. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu ekstrak mikroalga C. vulgaris berpotensi untuk menurunkan toksisitas doxorubicin yang dapat menyebabkan terjadinya tumor epitelium pada D. melanogaster.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Chlorella vulgaris; doxorubicin; Drosophila melanogaster; mikroalga; tumor epitelium
Subjects: Biology
Physiology > Plants and Microorganisms Physiology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Biologi
Depositing User: SANNIA DWI NURGIANTI
Date Deposited: 06 Nov 2020 03:42
Last Modified: 06 Nov 2020 03:42
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/34727

Actions (login required)

View Item View Item