Sari, Italia Novita (2020) Pengaruh manajemen pelayanan administrasi pendidikan terhadap kepuasan siswa di MTs Ar-Rosyidiyah. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (404kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (335kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (565kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (718kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (906kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (308kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (530kB) | Request a copy |
Abstract
Madrasah merupakan sebuah lembaga pendidikan Islam formal yang menyediakan layanan pendidikan, salah satunya adalah layanan administrasi yang menjangkau keseluruhan operasional madrasah. Masalah yang timbul dalam pelayanan adalah adanya ketidak sesuaian antara layanan yang diberikan dengan harapan siswa, yang diakibatkan dari kurangnya pengelolaan dalam memberikan pelayanan. Oleh karena itu, sebagai penyedia layanan, pihak madrasah dituntut untuk dapat memenuhi kebutuhan siswa dengan memperhatikan manajemen pelayanan dan meningkatkan kuliatas pelayanan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) manajemen pelayanan administrasi pendidikan di MTs Ar-Rosyidiyah; 2) kepuasan siswa dalam pelayanan administrasi pendidikan di MTs Ar-Rosyidiyah; 3) tingkat pengaruh manajemen pelayanan administrasi pendidikan terhadap kepuasan siswa di MTs Ar-Rosyidiyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode deskriptif dan metode survey. Data pada penelitian ini diperoleh melalui penyebaran angket, observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji instrument (validitas dan reliabilitas), analisis deskriptif, uji asumsi klasik (normalitas dan heterokedasitas), uji hipotesis (uji t parsial, uji f simultan, koefisien determinasi (R2)), dan uji regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Manajemen pelayanan administrasi pendidikan di MTs Ar-Rosyidiyah secara keseluruhan dari hasil tingkat capaian responden memperoleh presentase sebesar 0,776 atau 77,57 % yang berada dalam rentang 61%-80% atau dalam kategori baik. 2) Tingkat kepuasan siswa dalam manajemen pelayanan administrasi pendidikan di MTs Ar-Rosyidiyah dari hasil tingkat capaian responden memperoleh presentase skor sebesar 0,775 atau 77,479% yang berada dalam rentang 61%-80% atau dalam kategori baik. 3) Pengaruh manajemen pelayanan administrasi pendidikan terhadap kepuasan siswa di MTs Ar-Rosyidiyah Kota Bandung dari hasil uji determinasi menunjukkan adanya pengaruh yang positif dan signifikan dengan kadar pengaruh sebesar 0,496 atau senilai 49,90% besaran nilai presentase yang mempengaruhi variabel dependen (kepuasan siswa) sedangkan sisanya 50,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti kompetensi guru, kinerja guru, metode pembelajaran dan gaya kepemimpinan kepala madrasah. Dengan demikian, diharapkan manajemen pelayanan administrasi pendidikan di MTs Ar-Rosyidiyah dapat dipertahankan dan tingkatkan terutama dalam indikator responsiveness, realibity, assurance, tangibles, dan empathy.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Pelayanan; Administrasi Pendidikan; dan Kepuasan Siswa |
Subjects: | General Management > Education, Research of Management |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Italia Novita Sari |
Date Deposited: | 06 Nov 2020 06:19 |
Last Modified: | 06 Nov 2020 06:19 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/34731 |
Actions (login required)
View Item |