Respon anak anak terhadap video animasi Nussa dan Rara : Studi deskriptif tentang respon anak anak SD IT Idrisiyyah Tasikmalaya terhadap video animasi dakwah Nussa dan Rara

Diyanazliyah, Divya (2020) Respon anak anak terhadap video animasi Nussa dan Rara : Studi deskriptif tentang respon anak anak SD IT Idrisiyyah Tasikmalaya terhadap video animasi dakwah Nussa dan Rara. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (563kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (677kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (747kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB) | Request a copy

Abstract

Pada era modernisasi atau yang lebih kita kenal dengan era millenial begitu banyak perubahan yang terjadi baik dari segi teknologi maupun pemikiran dengan hadirnya fasilitas internet merupakan yang terlengkap dan terefisien, dimana segala bentuk dan macam informasi dapat diakses dengan mudah dan murah. Seiring berjalannya waktu dan perkembangan teknologi yang dinamis video animasi saat ini tidak hanya menawarkan hiburan, tapi juga memberikan pesan-pesan yang mengajak kepada jalan yang benar atau dakwah, salah satunya adalah video animasi Nussa merupakan media pendidikan islami yang baik dalam menyampaikan pesannya, sebagai media pendidikan dalam bentuk animasi sangat penting untuk memperhatikan fungsi film pada animasi, kriteria media pendidikan, membangun potensi kesadaran beragama, dan manfaatnya sebagai media pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Respon siswa SD IT terhadap Video Animasi Nussa dan Rara. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori S-O-R, yang terdiri dari Stimulus-Organism-Response. Teori S-O-R sesuai dengan penelitian yang akan dikaji dimana teori ini mendasarkan asumsi bahwa penyebab terjadinya perubahan perilaku tergantung kepada kualitas rangsangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan wawancara dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis Miles and Huberman yakni analisis data kualitatif yang dilakukan secara interaktif yang berlangsung terus-menerus sampai tuntas, sehingga datanya sudah jenuh. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa respon Anak-Anak SD IT Idrisiyyah Tasikmalaya dari segi Kognitif terhadap tayangan Video Animasi Nussa adalah positif, Menurut anak-anak tayangan ini cukup memberikan sebuah informasi dan pengetahuan dari segmen dakwah yang ditayangkan.. Respon dari segi Afektif terhadap tayangan Video Animasi Nussa adalah Positif, Menurut anak-anak tayangan ini tidak membosankan dan asik untuk dilihat karna perpaduan hiburan dan materi dakwah islam yang ditayangkan seimbang. Respon dari segi konatif terhadap tayangan Video Animasi Nussa adalah Positif, Ilmu dan pengetahuan yang didapatkanpun diterapkan seperti do’a-do’a pendek harian dan perilaku keseharian yang positif

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Dakwah; Video Animasi; Nussa dan Rara
Subjects: Systems > Theory of Communication and Control
Conscious Mental Process and Intelligence > Communication Psychology
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Education, Research of Language, Related Topics of Language
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Divya Diyanazliyah
Date Deposited: 07 Nov 2020 02:06
Last Modified: 07 Nov 2020 02:06
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/34732

Actions (login required)

View Item View Item