Potensi ekstrak Skeletonema Costatum dalam menghambat tumor Epitelium pada Drosophila Melanogaster yang diinduksi Doxorubicin

Saepullah, Ulfah Nabilah (2020) Potensi ekstrak Skeletonema Costatum dalam menghambat tumor Epitelium pada Drosophila Melanogaster yang diinduksi Doxorubicin. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (436kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (548kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (981kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB) | Request a copy

Abstract

Tumor epitelium merupakan jenis tumor yang tumbuh di jaringan epitel. Tumor epitelium disebabkan oleh pertumbuhan jaringan epitel yang tidak terkendali. Mikroalga Skeletonema costatum diketahui memiliki potensi untuk menghambat pertumbuhan tumor epitelium. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kadar polifenol dan kandungan antioksidan yang terdapat pada ekstrak S.costatum serta mengetahui pengaruh dari ekstrak S.costatum terhadap kelulusan hidup dan pertumbuhan tumor epitelium pada Drosophila melanogaster yang diinduksi doxorubicin. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental yang menggunakan rancangan acak lengkap dengan empat perlakuan, yaitu kontrol (P0), doxorubicin 0,4 mM (P1), ekstrak S.costatum 1 mg/mL (P2), dan doxorubicin 0,4 mM + ekstrak S.costatum 1 mg/mL (P3). Hasil pengujian aktivitas antioksidan dari ekstrak S.costatum didapatkan nilai IC50 sebesar 90,076 µg/mL dan pengujian kadar polifenol sebesar 153,6 GAE/g yang keduanya berkategori kuat. Hasil pertumbuhan tumor epitelium menunjukkan frekuensi tumor epitelium di P1 lebih besar dari P3. Sedangkan P0 dan P2 tidak ditemukan adanya tumor epitelium pada tubuh D.melanogaster karena perlakuan tidak diinduksi doxorubicin. Hasil dari uji U Mann-Whitney pada jumlah tumor epitelium menunjukan hasil yang berbeda nyata pada posisi abdomen dan kaki dengan nilai sginifikansi α= <0,05. Sedangkan diameter tumor epitelium menunjukan hasil yang berbeda nyata pada posisi kaki dan sayap dengan nilai sginifikansi α= <0,05. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu ekstrak S.costatum berpotensi untuk menurunkan toksisitas dari doxorubicin yang menyebabkan tumbuhnya tumor epitelium serta dapat meningkatkan kelulusan hidup D.melanogaster.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Doxorubicin;Drosophila melanogaster;Mikroalga;Tumor Epitelium;Skeletonema costatum.
Subjects: Physiology > Plants and Microorganisms Physiology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Biologi
Depositing User: Ulfah Nabilah Saepullah
Date Deposited: 06 Nov 2020 06:29
Last Modified: 06 Nov 2020 06:29
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/34738

Actions (login required)

View Item View Item