Pengembangan bahan ajar berbasis metode studi kasus terintegrasi nilai Islam pada materi sistem gerak manusia

Saftina, Inna (2020) Pengembangan bahan ajar berbasis metode studi kasus terintegrasi nilai Islam pada materi sistem gerak manusia. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.docx.pdf

Download (586kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (731kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (628kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara di salah satu MA swasta di kota Bandung, kebutuhan pembelajaran di Madrasah terutama adalah sumber belajar yang mampu mengintegrasikan materi umum dengan nilai-nilai keislaman. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan bahan ajar berbasis metode studi kasus terintegrasi nilai islam pada materi sistem gerak manusia, menganalisis kelayakan dan respon uji keterbacaan terhadap bahan ajar. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D dengan model 4D yang dibatasi sampai pada tahap 3D (define, design, develop). Subjek penelitian terdiri dari 20 peserta didik kelas XI MIA MA Al-Jawami Bandung. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan uji validasi ahli materi, ahli media dan guru mata pelajaran, serta angket uji keterbacaan peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan kategori sangat layak berdasarkan uji validasi dengan persentase rata-rata 89%. Selanjutnya bahan ajar diujicobakan secara terbatas, dengan hasil uji coba menyatakan bahwa tanggapan keterbacaan peserta didik termasuk kategori sangat layak dengan persentase 95%. Presentase keseluruhan bahan ajar tersebut yakni 92%, artinya bahan ajar yang dikembangkan dinilai sangat layak untuk digunakan sebagai sumber belajar peserta didik di Madrasah Aliyah

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan; Bahan Ajar; Nilai Islam; Sistem Gerak
Subjects: General Management > Research and Development Management (R and D)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: inna saftina
Date Deposited: 09 Nov 2020 07:35
Last Modified: 09 Nov 2020 07:35
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/34760

Actions (login required)

View Item View Item