Bimbingan agama Islam melalui metode Wafa untuk meningkatkan kemampuan membaca Alquran anak: Penelitian terhadap anak kelas 6 di MIMHa Ibtidaiyyah Kota Bandung

Khasanah, Salma Darojatun (2020) Bimbingan agama Islam melalui metode Wafa untuk meningkatkan kemampuan membaca Alquran anak: Penelitian terhadap anak kelas 6 di MIMHa Ibtidaiyyah Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (459kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (918kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (814kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB) | Request a copy

Abstract

Seorang muslim tidaklah bisa dipisahkan dengan Alquran, bahkan seorang muslim memiliki kewajiban yang Allah Swt perintahkan yang berhubungan dengan Alquran, yaitu: membaca dan menghafal Alquran. Namun dengan kewajiban hal itu tidak otomatis dimiliki oleh seorang muslim maka dari itu perlu diadakannya bimbingan, melihat dari fenomena lingkungan saat ini sangat minim perhatian anak-anak terhadap Alquran, kondisi ini dituntut mesti diberikannya bimbingan membaca Alquran sejak dini dengan menggunakan metode, salah satu metode yang dirasa efektif adalah menggunakan metode wafa yang mengaktifkan otak kanan anak karena masa anak usia sekolah merupakan masa otak kanan berfungsi dengan cepat sehingga anak memiliki imajinatif, kreatif, dan merasa senang. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kondisi kemampuan membaca Alquran anak, untuk mengetahui proses pelaksanaan bimbingan melalui metode Wafa, dan untuk mengetahui hasil bimbingan melalui metode Wafa untuk meningkatkan kemampuan membaca Alquran di MIMHa Ibtidaiyyah Bandung. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran Amin bahwa bimbingan agama Islam adalah proses pemberian bantuan terarah, terus menerus, dan sistematis kepada individu maupun kelompok agar seseorang dapat mengembangkan potensi dan fitrah beragama yang dimilikinya secara optimal dengan menjalankan apa yang diperintahkan Allah swt sesuai dengan Alquran dan Hadits Rasulullah saw. Bahwa dengan adanya bimbingan agama membaca Alquran setiap anak mampu membaca Alquran dengan baik dan benar serta kelak dapat mengamalkan isinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif untuk mengetahui gambaran bimbingan agama Islam melalui metode wafa untuk meningkatkan kemampuan membaca Alquran. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini proses pelaksanaan bimbingan agama Islam melalui metode Wafa untuk meningkatkan kemampuan membaca Alquran di MIMHa Ibtidaiyyah ini menggunakan strategi TANDUR (Tumbuhkan, Alami, Namai, Demonstrasikan, Ulangi, Rayakan). Hasil dari pelaksanaan bimbingan menunjukkan bahwa terdapat perubahan yang meningkat dalam kemampuan membaca Alquran pada anak MIMHa Ibtidaiyyah Bandung, perubahan tersebut terlihat yang semakin hari semakin baik dari segi kelancaran, kaidah tajwid dan fashohah ketika membaca Alquran serta motivasi anakpun meningkat dibanding sebelum melaksanakan bimbingan menggunakan metode Wafa hal ini terlihat dari respon anak ketika membaca Alquran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Agama Islam; Metode Wafa; Kemampuan Membaca Alquran; Anak;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Salma Darojatun Khasanah
Date Deposited: 09 Nov 2020 06:14
Last Modified: 09 Nov 2020 06:14
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/34775

Actions (login required)

View Item View Item